Sukses

Ibu Hamil Lakukan Ini agar Tak Mual Saat Menyikat Gigi

Saat hamil, kemungkinan besar ibu akan merasa mual saat ketika menggosok gigi, terutama bagian gigi belakang.

Liputan6.com, Jakarta Banyak perubahan terjadi pada ibu hamil. Hal-hal yang biasa menjadi berbeda saat seorang wanita mengandungl. Termasuk hal kecil seperti menyikat gigi. Saat hamil, kemungkinan besar ibu akan merasa mual saat ketika menggosok gigi, terutama bagian gigi belakang.

Menurut dokter gigi RSU Bunda Jakarta, Mira Madjid, menyarankan ibu hamil bila menggunakan sikat gigi ukuran biasa membuat mual saat menggosok gigi bagian belakang bisa memakai sikat gigi anak-anak. Ukurannya yang kecil bisa menjangkau bagian belakang tanpa membuat mual.  

Lalu, jika mual yang dirasakan amat sangat sampai tidak bisa menyikat gigi, Mira menyarankan ibu hamil banyak minum air putih terutama sesudah makan. Fungsinya untuk meminimalisir sisa-sisa makanan yang ada di gigi.

"Lalu, jangan lupa untuk berkumur air putih sesudahnya," pesan dokter Mira saat peluncuran Amara Skin & Aesthethic Center Jakarta pada Senin (30/1/2017).

Mira memaparkan, kebersihan area gigi dan mulut merupakan hal penting saat ibu hamil. Sedikit saja plak tertinggal di gigi bisa memicu gusi berdarah. Ini merupakan tanda awal dari radang gusi.

"Mungkin dulu sebelum hamil, tidak gosok gigi tiga hari tidak masalah. Namun sekarang sehari saja tidak gosok gigi bisa membuat gusi berdarah," kata Mira.

Perubahan hormon saat hamil, kata Mira, membuat gusi lebih sensitif terhadap plak. Oleh karena itu Mira menyarankan para ibu menjaga kebersihan gigi saat hamil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini