Sukses

Mengunyah Permen Karet Efektif Hilangkan Mual Sehabis Operasi

Sebuah penelitian membuktikan permen karet adalah solusi terbaik atasi mual setelah operasi.

Liputan6.com, Jakarta Rasa mual adalah respon tubuh yang paling umum dirasakan seseorang setelah dioperasi. Rasa mual ada yang bertahan hanya dalam waktu singkat, namun ada juga yang berkepanjangan hingga beberapa hari setelah tindakan medis berskala besar.

Umumnya, pasien akan diberikan obat penahan rasa mual untuk mengatasinya. Tetapi, faktanya obat-obat khusus anti-mual tersebut tidak selalu efektif.

Melansir Sydney Morning Herald, Jumat (27/1/2017), sebuah penelitian yang dilakukan oleh para dokter di Royal Melbourne Hospital menemukan cara baru untuk membantu pasien mereka tangani rasa mual berlebih sehabis operasi.

Caranya adalah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet diyakini bisa lebih efektif membantu seseorang atasi rasa mual sehabis operasi dibandingkan obat-obatan.
Keefektifan mengunyah permen karet dalam upaya mengatasi rasa mual pasca operasi dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 94 pasien wanita yang telah dioperasi sebelumnya.

Hampir 75 persen dari total keseluruhan pasien yang berpartisipasi mengatakan kondisinya membaik setelah mengunyah permen karet. Sementara hanya 5 pasien saja dari total keseluruhan yang mengaku obat anti-mual ondansetron berhasil.

Permen karet kini sudah mulai dijadikan solusi untuk pasien di beberapa rumah sakit besar di Australia, atasi rasa mual mereka. Tidak hanya harganya murah, tetapi permen karet juga tidak membuat pihak rumah sakit ribet dengan pemasangan infus dan lainnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam British Journal of Anaesthesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.