Sukses

3 Fokus Utama BPJS Kesehatan di 2017

Di 2017 ini, BPJS Kesehatan pun berupaya meningkatkan kinerja.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengatakan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan terus memiliki kinerja positif. Di 2017 ini BPJS Kesehatan pun berupaya meningkatkan kinerja.

Ada tiga fokus utama yang menjadi landasan dalam menyusun arah dan kebijakan ini. Fokus tersebut di bidang keberlangsungan finansial, kepuasan peserta, dan menuju cakupan semesta dengan pemaparan sebagai berikut.

1. Keberlangsungan finansial

Cara untuk menjamin keberlangsungan program ini dengan peningkatan rekrutmen peserta potensial, peningkatan kolektibilitas iuran pada peserta hingga kemudahan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

2. Kepuasan peserta

Fachmi mengatakan perlu adanya perbaikan sistem pelayanan online, implementasi Coordination of Benefit (COB) untuk Peserta Pekerja Penerima Upah, perluasan dan peningkatan kualitas fasilitas kesehatan terutama optimalisasi fasilitas tingkat pertama. Bakal difokuskan juga kemudahan penanganan keluhan pelanggan dan akses informasi peserta.

3. Menuju Cakupan Semesta

Target peserta JKN-KIS mencapai paling tidak 95 persen dari penduduk Indonesia atau sekitar 254 juta jiwa. Untuk mencapai target tersebut BPJS Kesehatan akan melakukan percepatan rekrutmen peserta, mobilisasi peran pemerintah dan non-pemerintah untuk menggerakkan partisipasi masyarakat, serta peran aktif Kader JKN-KIS lewat organisasi kemasyarakatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan

Video Terkini