Sukses

Wanita yang Sudah Haid Sejak Usia 12 Terancam Menopause Dini

Usia pertama kali haid atau menstruasi menjadi pengaruh besar soal kapan wanita akan memasuki fase menopause.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para profesor di University of Queensland, Australia mengungkap adanya keterkaitan kuat antara usia pertama kali wanita mengalami menstruasi dengan waktu memasuki fase menopause.

Menstruasi dan menopause adalah dua fenomena penting dalam kehidupan reproduksi wanita. Keduanya menandakan ada perubahan berskala besar pada fungsi alat kelamin wanita.

Jadi, tidak heran jika keduanya berhubungan antar satu sama lain. Temuan dari penelitian yang dipimpin oleh seorang profesor jurusan epidemology bernama Gita Mishra ini menunjukan bahwa, wanita yang sudah menstruasi sejak usianya masih 12 tahun lima kali lebih mungkin alami menopause dini.

“Mengetahui usia pertama kali wanita menstruasi itu penting agar nantinya tidak kaget jika tiba-tiba menopause. Ini juga jadi hal penting supaya wanita lebih rajin konsultasi ke dokter soal punya anak, kalau tahu pasti kan jadi bisa mengukur waktu yang tepat untuk membuat anak,” jelas Mishra kepada Live Science, mengutip Live Science, Kamis (25/1/2017).

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi terhadap 51.450 kasus menopause di Inggris, Skandinavia, Australia dan Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.