Sukses

3 Penyebab Kaki Terasa Gatal Mendadak

Pernahkah Anda merasakan kegatalan pada telapak kaki secara mendadak? Tiga masalah kulit ini jadi penyebab utamannya.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan gatal pada telapak kaki secara mendadak? Kalau iya, diimbau untuk tidak mengabaikannya. Sebab, penyebab gatal pada telapak kaki berasal dari masalah kulit yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Seperti dikutip dari situs Live Strong, Selasa (24-1-2017) berikut tiga masalah kulit serta penanganannya penyebab telapak kaki gatal.

1. Infeksi jamur

Terjadinya infeksi jamur pada kaki yang menyebabkan gatal pada bagian bawah kaki dan di antara jari kaki membuat telapak kaki mendadak gatal. Masalah kulit ini dapat menular dan biasanya menyebar di area lembab atau basah, seperti ruang ganti dan kamar mandi.

Penelitian yang diterbitkan pada 2013 dalam The Foot, mencatat bahwa merendam kaki ke dalam bak berisi polifenol teh hijau dapat menjadi pengobatan yang paling standar. Sementara itu pada kondisi parah, tentu dibutuhkan obat antijamur dalam bentuk krim atau bubuk.

2. Kudis

Kudis umum mempengaruhi telapak kaki, telapak tangan, wajah, leher dan kulit kepala. Namun, pada dewasa bisa juga terjadi pada bagian lipatan kulit, seperti di bawah payudara atau ketiak. Masalah satu ini benar-benar membutuhkan pengobatan dengan produk khusus yang diresepkan dokter seperti skabisida.

3. Pitted keratolysis

Selain rasa gatal, infeksi bakteri yang terjadi pada telapak kaki ini juga menyebabkan bau busuk yang mirip dengan ikan busuk. Rasa gatal akibat pitted keratolysis disertai dengan nyeri pada bagian bawah kaki.

Pengobatan yang dibutuhkan ialah antibiotik oral dan topikal, krim antijamur, dan resep antiperspirant untuk menyembuhkan infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.