Sukses

5 Gaya Hidup Penyebab Sembelit

Apa saja sebenarnya penyebab sembelit?

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, tapi ada juga yang setiap dua hari. Namun jika sulit atau jarang buang air besar, berarti Anda mengalami sembelit.

Ketika sembelit, tinja tetap dalam usus besar menciptakan ketidaknyamanan dan kesulitan dalam buang air besar. Makanan tertentu, perubahan gaya hidup, dan suplemen dapat menyebabkan sembelit.

Berikut adalah 5 kebiasaan gaya hidup yang dapat menyebabkan sembelit seperti dikutip dari situs Pulse pada Jumat (20-1-2017)

1. Penyalahgunakan obat penghilang rasa sakit

Penggunaan konstan obat seperti Ibruprofen dan aspirin, menurut studi dapat menyebabkan sembelit karena sifat obat; reseptor biasanya di saluran pencernaan yang mengganggu sistem / daerah meninggalkan pengguna terus sembelit.

2. Tidak minum air dengan cukup

Air penting bagi kelancaran fungsi isi perut dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Air selain membersihkan racun juga memastikan tubuh mempertahankan kelembaban untuk berfungsi dengan baik melalui sistem terutama pencernaan. Jadi penting untuk minum air yang cukup setiap hari.

3. Penggunaan pencahar yang berlebihan

Banyak orang telah menyalahgunakan pencahar dengan menggunakannya secara terus menerus sehingga sistem pencernaan tergantung pada ini. Hal ini membuat tubuh tidak mampu untuk membersihkan diri dari kotoran dalam waktu lama.

4. Makan makanan berlemak/banyak susu

Memakan makanan berlemak dan banyak susu dapat menyebabkan sembelit. Makanan rendah serat dan lemak yang dikenal untuk memperlambat pencernaan yang mengakibatkan sembelit.

5. Kurang olahraga

Berolahraga tidak hanya bikin bugar tapi membantu nemperlancar pencernaan. Kurang olahraga atau tidak bergerak aktif studi mengungkapkan merupakan penyebab sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.