Sukses

Bukan Tubuh, Kepala Harus Dibasuh Pertama Saat Mandi Pagi

Bagaimana mandi yang benar dan sehat?

Liputan6.com, Jakarta Pemakaian air dingin dan panas harus seimbang saat mandi pagi. Jangan karena udara sejuk, Anda lantas hanya menggunakan air panas tanpa menambahkan air dingin. Mandi yang benar harus didahului air panas baru kemudian air dingin.

Dokter Kulit di New Orleans Ochsner Medical Center, Lauren Ploch MD, menjelaskan, air panas berfungi untuk menghapus minyak berlebih pada tubuh. Pada dasarnya tubuh perlu waktu untuk mendinginkan badan atau mengeringkan rasa lembab.

"Setelah itu baru ubah air ke derajat yang hangat-hangat kuku, tidak panas dan tidak juga dingin," kata Lauren dikutip dari Times of India, Rabu (18-1-2017)

Kemudian, sebelum membasahi sekujur tubuh, sebaiknya basahi rambut dan usap menggunakan sampo untuk menghilangkan minyak berlebih yang menempel di kepala.

Saran itu diberikan Karyn Grossman MD, dermatologi asal Beverly Hills. Setelahnya, basahi sekujur tubuh, gosok semua permukaan kulit tubuh dengan sabun, dan jangan lupa mencuci wajah guna menghilangkan minyak-minyak yang tersisa.

Setelah prosesi mandi selesai, pastikan gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh Anda rutin diganti, setidaknya seminggu dua kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.