Sukses

Obama Jadi Bukti, Anak yang Dibesarkan Ibu Tunggal Bisa Sukses

Barack Obama jadi contoh anak yang dibesarkan oleh orangtua tunggal terbukti bisa sukses.

Liputan6.com, New York- Banyak anggapan anak laki-laki yang dibesarkan oleh orangtua tunggal yakni ibu tanpa ayah tidak bisa sukses. Sebuah studi mencoba mengungkap hal tersebut dan hasilnya anak laki-laki yang dibesarkan seorang diri oleh ibu juga bisa sukses. Presiden Amerika Serikat Barack Obama serta perenang peraih medali emas Michael Phelps jadi contohnya.

Barack Obama

Selama ini, peneliti mengatakan anak yang dibesarkan oleh ayah dan ibu itu lebih baik dibandingkan oleh orangtua tunggal. Namun studi dari University of Cambridge, Inggris mengatakan hal itu tidak bisa disamaratakan.

"Ya, memang ada risiko. Tapi itu tidak benar-benar pasti melekat pada anak yang dibesarkan oleh ibu yang merupakan orangtua tunggal. Anda tidak bisa mengasumsikan anak yang diasuh oleh orangtua tunggal pasti memiliki kesulitan. Mayoritas tidak seperti itu," kata peneliti yang juga profesor psikologi Michael Lamb.

Ahli parenting lain, yakni sosiolog dari University of Southern California-Los Angeles, Tim Biblars mengatakan kondisi perekonomian memang berperan membuat anak yang dibesarkan orangtua tunggal berperilaku negatif. Seperti pencapaian pendidikan yang rendah, penggunaan narkoba, dan adaptasi yang buruk. Namun, bila ibu menjadi orangtua tunggal dengan kondisi ekonomi baik, anak laki-laki tersebut tumbuh menjadi anak baik-baik.

"Anak-anak yang dibesarkaan ibu tunggal dengan ekonomi sosial baik cenderung menjadi anak baik," kata Tim seperti mengutip ABC News, Jumat (13/1/2017).

Lamb mengingatkan agar anak yang menjadi sukses itu tergantung dengan lingkungan ia berada. "Yang penting bukan dibesarkan oleh orangtua tunggal atau orangtua lengkap Tapi mengenai seberapa baik hubungan anak dengan orangtua serta kondisi lingkungan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini