Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Terlalu Lelah, Ini 9 Cara Agar Seks tetap Nikmat

Banyak pasangan yang sebenarnya menginginkan seks, tapi apa daya tubuh sudah lelah. Ini saran psikolog mengatasi hal ini.

Liputan6.com, New York- Aktivitas yang padat seringkali membuat masyarakat perkotaan tak punya waktu banyak untuk beristirahat. Waktu tidur jadi terbatas, hanya sekitar 4-5 jam. Hal ini membuat sebagian pasangan di perkotaan terlalu lelah bercinta. Alhasil, sesudah sampai rumah langsung bersih-bersih kemudian tidur.

Bila Anda dan pasangan mengalami hal tersebut, kalian tidak sendiri. Di negara maju seperti Amerika Serikat, ada satu dari empat orang menikah kurang tidur sehingga mengatakan terlalu lelah bercinta.

Banyak pasangan yang sebenarnya menginginkan seks, tapi apa daya tubuh sudah lelah. Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bila merasa terlalu lelah untuk bercinta seperti diungkapkan psikolog asal San Francisco, Michelle Gannon, mengutip Hitchedmag pada Kamis (12/1/2017).

1. Ingat Anda tidak sendiri

Kelelahan memang alasan utama banyak pasangan malas melakukan hubungan seks. Jadi, Anda tidak sendiri menghadapi dilema ini. Namun perlu diingat hubungan seksual dalam kehidupan suami istri itu memiliki peranan penting. Pasangan yang tidak memiliki rutinitas bercinta jadi kehilangan kesempatan dalam menjaga hubungan, kedekatan, dan keintiman.

2. Coba cek kondisi kesehatan

Jika tubuh terasa lelah, padahal aktivitas tidak terlalu padat, coba cek kondisi kesehatan Anda. Faktor kelelahan bisa saja terjadi karena tingkat tiroid rendah atau bisa juga karena zat besi.

Lalu, bagaimana dengan pola makan? Apakah berat badan sehat? Apakah cukup protein? Apakah cukup berolahraga? Pastikan Anda mengecek semuanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri waktu 10 menit untuk 'pemanasan'

3. Mengatur waktu lebih baik

Bekerja sama dengan pasangan dalam membagi tugas di rumah sehingga pekerjaan rumah akan lebih cepat selesai. Jika sudah ada anak-anak, ajak mereka tidur lebih awal. Selanjutnya, giliran Anda dan pasangan berduaan.

Ingat juga, seks merupakan salah satu cara untuk melepaskan stres. Jadi, mengapa tidak bercinta untuk melepaskan stres?

4. Beri waktu 10 menit untuk 'pemanasan'

Jika tubuh merasa lelah atau sedang tidak ingin bercinta, coba berikan waktu 10 menit pemanasan untuk bercinta. Menurut penelitian, hampir setengah dari partisipan merasa jadi terangsang bila ada ciuman atau sentuhan hangat--walau sebelumnya tidak memiliki keinginan untuk berhubungan seks.

3 dari 4 halaman

Bikin jadwal kencan

5. Bikin jadwal kencan

Banyak pasangan memiliki waktu pacaran berdua saja tanpa anak-anak. Apakah Anda punya? Nah daripada menghabiskan waktu ke bioskop untuk menonton film atau makan malam, lebih baik tinggal di rumah. Anda berdua bisa memiliki waktu berkualitas tanpa membuat lelah, manfaatkan kesempatan ini untuk meluapkan rasa rindu berhubungan intim.

Jika tidak memiliki jadwal kencan, harus kreatif mencuri waktu. Misalnya pasang alarm agar bangun lebih pagi untuk bercinta. Atau menitipkan anak-anak ke orangtua juga bisa, kan.

6. Liburan romantis

Coba sehari atau dua hari menjalani hari romantis berdua tanpa anak-anak. Jauh dari pekerjaan, bisa membuat gairah seks datang. Dan, semakin banyak bercinta semakin banyak hormon testosteron, dopamin, dan oksitosin yang dilepaskan tubuh, yang akan menjadikan Anda berdua semakin bugar.

7. Definisikan seks kembali

Coba definisikan makna seks bagi Anda berdua. Apakah seks selalu berarti penetrasi? Ada banyak hal yang sebenarnya bisa membuat seks itu terasa menggairahkan. Misalnya dengan memberikan seks oral atau menyentuhnya hingga ia terangsang tanpa penetrasi.

"Jika tidak mempunyai banyak energi untuk menikmati 'menu utama' dalam seks, tidak masalah juga bila Anda melakukan 'menu pembuka' saja," kata Gannon.

4 dari 4 halaman

Bumbu kehidupan seksual

8. Komunikasikan

Coba komunikasikan dengan pasangan mengenai rasa lelah yang sering dirasakan. Pasangan bisa melihat hal-hal mana saja yang membuat Anda jadi merasa lelah. Mungkin Anda bisa melihat kebiasaan pasangan yang bisa berlama-lama membuka email kantor sebelum tidur.

9. Beri 'bumbu' dalam kehidupan seksual

Jujur, apakah Anda benar-benar lelah atau merasa seks akan berjalan begitu-begitu saja? Bagi pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun ada kemungkinan seks jadi monoton. Jika memang begitu, cobalah hal baru.

Misalnya membeli mainan seks bersama. Atau membacakan buku erotik untuknya. Kreatif, itu juga diperlukan dalam kehidupan seksual.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.