Sukses

Jalanan Macet dan Bising Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Lingkungan yang memicu stres dari area perkotaan yang ramai kendaraan bisa meningkatkan risiko demensia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang baru saja dilakukan para peneliti dari Kanada menunjukkan bahwa semakin dekat tempat tinggal individu dengan jalan padat dan bising, risiko untuk mengalami demensia semakin tinggi.

Studi ini menemukan 12 persen penduduk kota yang tinggal dalam jarak 50 meter dari jalanan yang padat dan ramai mengalami gangguan terkait hilangnya memori, demikian tulis laman New York Post, Rabu (11/1/2017).

Terlepas dari fakta bahwa para peneliti belum mengetahui secara pasti penyebab demensia, lingkungan yang memicu stres dari area perkotaan yang ramai kendaraan bisa meningkatkan risiko demensia. Demikian yang dinyatakan oleh penulis utama penelitian, Hong Chen dari Public Health Ontario.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet ini melibatkan 6,6 juta orang dari sekitar Ontario selama 12 tahun. Mereka mengelompokkan partisipan berdasarkan seberapa dekat mereka tinggal dengan jalanan yang ramai dan memonitor penyakit yang mereka miliki.

Peneliti menemukan, semua pasien demensia tinggal di area urban, 1 dari 10 di antaranya mungkin disebabkan oleh jalanan yang ramai dan terpolusi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini