Sukses

Lupa Nama Teman dan Keluarga, Begini Trik Mudah Mengingatnya

Lupa nama teman memang hanya bisa bikin canggung kita. Namun, kesulitan mengingat nama orang bisa diperburuk bertambahnya usia.

Liputan6.com, Jakarta Satu hal yang paling menyebalkan sekaligus memalukan adalah ketika kita lupa nama seseorang. Apalagi bila orang tersebut adalah rekan kerja baru, kolega, atau kerabat jauh.

Pelatih keterampilan sederhana, Raell Padamsee menganjurkan kita untuk tetap tenang ketika berhadapan dengan seseorang yang kita lupa namanya. Hindari untuk memotong pembicaraan hanya untuk menanyakan nama orang tersebut. Ini hanya akan membuat Anda tampak arogan.

Sebaliknya, mintalah maaf dengan tulus dan berkata, "Ingatan saya benar-benar buruk dan saya benar-benar minta maaf karena lupa nama Anda." Atau Anda bisa menggunakan humor seperti, "Maafkan amnesia saya, tapi Anda harus membantu saya mengingat nama Anda."

Menurut laman Psychology Today, kesulitan mengingat nama orang bisa diperburuk bertambahnya usia. Hampir 85 persen individu paruh baya kesulitan mengingat nama. Penelitian menunjukkan, meningkatnya ketergantungan terhadap internet sebagai pengganti memori kita ikut berperan terhadap kondisi tersebut.

Penulis buku Moonwalking with Einstein: THe Art and Science of Remembering Everything, Joshua Foer mengatakan, "Kita tak perlu lagi mengingat nomor-nomor telepon. Ponsel melakukannya untuk kita. Kita pun tak perlu mengingat alamat karena mengirim email dari komputer." Sederhananya, kita mulai melupakan cara untuk mengingat.

Agar terhindar dari momen canggung terkait kesulitan mengingat karena lupa nama, ada tujuh trik yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari situs Times of India berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu dan ulang

1. Bertemu dan ulang

Saat seseorang memberi tahu namanya, jangan hanya menganggukkan kepala dan melanjutkan obrolan. Ulangi menyebut namanya dalam pembicaraan tanpa terkesan berlebihan dalam mengulangnya. Anda pun bisa kembali menyebut namanya ketika mengucapkan selamat tinggal sekaligus mengingat wajahnya.

2. Meminta kartu nama

Untuk menciptakan memori visual lebih kuat, mintalah kartu nama. Melirik nama yang tertera di kartu nama sambil terus berbincang dengan orang tersebut menciptakan ingatan keterkaitan antara orang tersebut, kartu nama, dan namanya.

3. Ucapkan

Ahli bidang memori menyarankan untuk mengucapkan nama seseorang, terutama bila nama tersebut unik dan tidak biasa. Ini akan menciptakan memori visual. Caranya adalah dengan menciptakan gambaran mental dari nama orang tersebut dengan wajah mereka. 

 

3 dari 3 halaman

Masukkan dalam kontak

4. Masukkan dalam daftar kontak

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengingat nama seseorang setelah bertemu dengan mereka adalah memasukkannya ke dalam daftar kontak dengan beberapa informasi yang membantu Anda mengingat mereka. Hal itu bisa berupa penampilannya, hobi, anak, sekolah, serta detail lainnya terkait orang tersebut.

5. Lakukan permainan

Ahli menyarankan untuk membayangkan permainan atau gambaran verbal ketika pertama kali mendengar sebuah nama. Hal itu bisa berupa pola alternatif seperti "Susi dari Surabaya" atau "Adam bagian Accounting".

6. Buat koneksi

Membuat koneksi antara orang yang ajak bicara dengan kenalan Anda yang lain dengan nama yang sama. Bila mereka menyukai selebrita yang sama, kaitkan hal itu dengan mereka.

7. Fokus

Salah satu alasan utama kita melupakan nama seseorang karena kita tidak benar-benar fokus menyimaknya sejak pertama kali. Terlalu banyak hal lain yang menyita perhatian kita. Jika Anda dengan sadar memutuskan untuk mengingat nama mereka, kemungkinannya Anda akan terus mengingatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.