Sukses

Coba Diet Ini untuk Redakan Nyeri Menstruasi

Siklus menstruasi yang buruk dapat teratasi dengan melakukan diet berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Kram perut dan nyeri adalah kondisi yang akan menyerang wanita saat menstruasi. Ketidaknyamanan ini sering kali membuat wanita lebih moody dan sensitif selama siklus menstruasinya. Padahal ada cara mudah yang dapat dilakukan wanita agar terhindar dari kondisi menjengkelkan ini. Tertarik?

Siklus menstruasi yang buruk dapat teratasi dengan melakukan diet berikut ini, seperti dilansir laman Women's Health, Jumat (6/1/2017).

1. Makan makanan berserat

Jaclyn London, M.S., R.D., pakar diet dari Mount Sinai Hospital, NYC, mengatakan makanan berserat akan bantu mengimbangi gula darah tubuh tetap stabil, sehingga peredaran darah kotor saat menstruasi lancar tanpa terasa sakit.

2. Makan 3x sehari

Makan teratur dengan porsi seimbang dan makanan yang bergizi akan membantu mengurangi rasa sakit pada perut ketika menstruasi, seperti begah bahkan mual.

3. Pilih camilan sehat

"Makanan rendah garam seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayur alami yang bukan dalam kemasan dapat menjadi camilan sehat selama menstruasi," kata London.

4. Penuhi zat besi

Saat menstruasi wanita harus memenuhi kebutuhan zat besi mereka untuk menggantikan darah kotor tang sudah keluar dari tubuh.

5. Minum kafein

Jika Anda merasa lesu dan lelah saat menstruasi, cobalah untuk mengonsumsi kafein. Takaran kafein yang direkomendasikan adalah 300 hingga 400 miligram per hari.

"Secangkir kopi adalah ide terbaik untuk meringankan tubuh dari kelelahan dan kram selama menstruasi," ujar London.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.