Sukses

Kenali Gangguan Akibat Terlalu Sering Kunyah Permen Karet

Inilah dampak dari terlalu sering mengunyah permen karet

Liputan6.com, Jakarta Terlalu sering menguyah permen karet dapat menyebabkan temporomandibular disorder atau TMJ. Kondisi ini menyebabkan rahang dan telinga terasa sakit dan mengalami gangguan sementara.

Selain itu, grinding gigi yang terjadi saat individu tertidur di malam hari juga dapat menyebabkan pembengkakan sendi, bahkan mengalami kesulitan membuka rahang.

Hingga kini, para ahli masih belum tahu alasan persis yang menyebabkan TMJ. Namun, stres bisa menjadi salah satu penyebab utama dan kebiasaan mengrinding gigi. Penggunaan alat penjaga gigi khusus di malam hari dapat meringankan masalah ini.

Mengutip laman Live Strong, Kamis (5/12/2017) meski masalah kesehatan ini masih jarang terjadi, tetapi untuk menangani kondisi ini, individu dapat menjalankan diet makanan lembut hingga mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin atau anti-inflamasi.

Anda juga dapat menerapkan kain hangat di sekitar rahang yang terasa sakit sebanyak tiga kali dalam sehari. Jika rasa sakit tidak mereda setelah seminggu atau lebih, hubungi dokter medis, dokter gigi, atau spesialis THT yang dapat membantu menentukan penyebab dari rasa sakit setelah mengunyah permen karet dan memberikan pengobatan tepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini