Sukses

Kenapa Badan Sakit Setelah Bangun Tidur?

Apa yang terjadi bila setiap bangun tidur, tubuh justru terasa sakit?

Liputan6.com, Jakarta Tidur seharusnya akan membuat Anda nyaman keesokan harinya. Namun apa yang terjadi bila setiap bangun tidur, tubuh justru terasa sakit?

Hal ini ternyata pernah diteliti oleh ilmuwan dari University of Manchester. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, peneliti menemukan kemungkinan adanya tekanan inflamasi saat kita tidur, terutama karena ada kemungkinan Anda menderita radang sendi.

Seperti dilansir NY Post, Kamis (5/1/2017), para peneliti memeriksa sel-sel manusia dan tikus yang mengalami radang sendi atau rheumatoid arthritis. Pasien yang mengalami radang sendi memang kerap merasa tidak nyaman sepanjang hari karena mengalami kekakuan sendi. Namun sulit mengetahui apakah tidur mempengaruhi radang sendi semakin memburuk.

"Pada malam hari, tingkat kekakuan sendi mungkin berkurang, namun secara bertahap muncul di pagi hari," kata peneliti dan penulis studi Julie Gibbs, PhD.

Gibbs menjelaskan, tampaknya hal ini bisa terjadi karena salah satu protein yang terlibat dalam jam biologis atau disebut cryptochrome, juga mempengaruhi peradangan. Dengan penelitian lebih lanjut, dia percaya ahli mungkin bisa memprediksi apakah pengobatan dapat mengurangi peradangan.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Menurut Gibbs, memiliki ritme sirkadian yang sehat seperti jadwal tidur yang teratur dan menjaga waktu bangun konsisten, akan bisa membantu tubuh lebih bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini