Sukses

Antara Film Horor, Drama, Komedi, Mana yang Paling Menyehatkan?

Mana film favorit Anda, horor, drama atau komedi?

Liputan6.com, Jakarta Mana film favorit Anda, horor, drama atau komedi? bila diperhatikan singkat, semua film ini mungkin menghibur. Namun siapa sangka, genre komedi memiliki manfaat luar biasa pada jantung.

Seperti dikutip BBC, Rabu (3/1/2016), menonton komedi tak hanya membuat Anda terpingkal-pingkal. Dalam sebuah studi yang dilakukan ilmuwan dari University of Maryland di Amerika, komedi membuat aliran darah ke jantung lebih baik.

Studi ini melibatkan 20 orang dewasa yang sehat untuk menonton 15 sampai 30 menit. Mereka diminta menonton film sedih dan lucu selama 48 jam terpisah.

Para peneliti mengatakan, menonton komedi memiliki efek setara dengan memulai program obat jantung yang disebut statin. Tapi film dengan adegan perang memiliki efek sebaliknya, tulis laporan Heart Journal.

"Tertawa dapat memiliki efek pelebaran arteri yang mampu meminimalkan stres. Bahkan menonton film lucu bisa dikatakan setara dengan latihan aerobik atau memulai pengobatan statin," ujar Dr Michael Miller, pemimpin penelitian.

Kendati demikian, Miller mengatakan, selama penelitian, peserta diminta untuk menjauhkan diri dari minum alkohol, menggunakan vitamin atau herbal, atau latihan aerobik karena semua ini dapat mempengaruhi aliran darah.

"Pengukuran aliran darah arteri brakialis diambil sebelum dan satu menit setelah fase tawa atau kesedihan. Arteri brakialis merupakan indikator yang baik dari aliran darah ke seluruh tubuh," katanya.

Dr Charmaine Griffiths, dari British Heart Foundation, mengatakan, perubahan emosi mungkin juga bisa berpengaruh pada perubahan sirkulasi darah ke jantung. Namun para ilmuwan sepakat, tertawa memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

Dalam studi lain, ilmuwan menemukan, film horor juga memiliki dampak kesehatan. Bedanya, takut membuat otak Anda banjir dengan zat kimia yang sehat yang menggairahkan suasana hati Anda dan melepaskan perasaan euforia, atau
kegembiraan besar.

Sayangnya, ada orang mengalami ketakutan dengan cara yang berbeda. Mungkin menyenangkan untuk bisa merasakan ketakutan, tapi belum tentu bagi beberapa orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.