Sukses

Seperti Yana Zein, Ini Usia Rawan Wanita Terkena Kanker Payudara

Telah lama meredup, aktris tanah air dalam film Ku Tunggu Jandamu, Yana Zein dikabarkan tengah berjuang melawan kanker payudara stadium 4.

Liputan6.com, Jakarta Telah lama meredup, aktris tanah air dalam film Ku Tunggu Jandamu, Yana Zein dikabarkan tengah berjuang melawan kanker payudara stadium empat yang dideritanya.

Jenis kanker yang diderita Yana Zein menduduki peringkat satu kanker yang mematikan. Dalam laman Cancer.org, kanker payudara 100 kali lebih mungkin terjadi pada wanita dibandingkan pria. Hal ini terjadi akibat hormon esterogen dan progesteron wanita jauh lebih tinggi dari pria yang mempengaruhi pertumbuhan sel kanker payudara.

Rata-rata wanita yang menderita kanker payudara berusia 50-an. Mengutip laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Jumat, (30/12/2016) mengatakan, selain faktor genetik rupanya wanita yang hamil pertama di usia 30-an dan wanita yang tidak hamil sama sekali, memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara.

Seperti Yana Zein, kanker payudara sebenarnya dapat dideteksi secara dini. Khususnya pada wanita yang memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dapat melakukan pengecekan atau breast cancer screening secara berkala. Biasanya tes ini bisa dilakukan sejak wanita berumur 25 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini