Sukses

3 Cara Manfaatkan Minyak Zaitun untuk Atasi Sembelit

Memadukan minyak zaitun dengan bahan-bahan lain bisa membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga tidak sembelit lagi.

Liputan6.com, New Delhi- Selain dimanfaatkan di aneka salad, minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi sembelit alias susah buang air besar. Kandungan di dalam minyak zaitun rupanya efektif membantu melancarkan saluran pencernaan.

Seperti mengutip Boldsky, Jumat (30/12/2016) minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan gerakan usus. Selain itu, minyak zaitun kaya Vitamin E dan K yang memiliki sifat antioksdian yang memiliki sifat menenangkan perut.

Berikut, tiga cara terbaik dalam menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi sembelit:

1. Minyak zaitun dan yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik. Sementara itu, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal. Ketika kedua bahan dicampur membantu meningkatkan gerakan usus.

Cara:
- Ambil satu cangkir yogurt
- Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun kemudian aduk. Lalu dikonsumsi.

2. Minyak zaitun dan lemon

Lemon itu asam, ketika dicampur dengan minyak zaitun akan kaya antioksidan. Hal ini akan membantu mencegah lapisan usus besar kering sehingga memudahkan buang air besar.

Cara:
- Siapkan satu sendok teh jus lemon.
- Lalu campur dengan satu sendok teh minyak zaitun. Konsumsi sebelum tidur.

3. Satu sendok teh minyak zaitun

Jika sering mengalami sembelit, selain memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, bisa juga dipadukan dengan mengonsumsi minyak zaitun. Direkomendasikan satu sendok teh minyak zaitun sebelum tidur. Lakukan hingga gejala sembelit mereda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini