Sukses

Manusia Sikat Gigi, Kenapa Anjing Tidak?

Kalau manusia saja boleh sikat gigi, kenapa anjing tidak?

Liputan6.com, Jakarta Manusia dianjurkan untuk sikat gigi agar tidak cepat rusak. Namun, kenapa anjing tidak pernah disarankan untuk melakukan tindakan yang sama?

Irene Grijalvo Tarres menjawab pertanyaan ini di situs Quora. Menurut dia, manusia sudah mulai menyikat giginya sejak 3.000 SM. Namun, manusia belum menggunakan sikat dan pasta gigi. Contohnya saja di Afrika, orang-orang membersihkan giginya dengan menggunakan chewsticks (ranting pembersih gigi).

Kini, zaman sudah modern dan membersihkan gigi semakin mudah. Apabila Anda tak menyikat gigi dan makan normal, Anda akan kehilangan gigi dalam 5-10 tahun.

"Adapun apa yang hewan lakukan, itu tergantung. Umur mereka (binatang) jauh lebih pendek dibanding manusia..." tulisnya.

Ia mencontohkan kucing dan anjing. Hewan pemakan daging biasanya memiliki masalah serius dengan kebersihan giginya. Selain itu, beberapa anjing bisa hidup sampai 15 tahun.

Hewan lain, seperti marsupial dan binatang pengerat, berbeda lagi. Hamster dan wombat, misalnya, memiliki gigi yang terus tumbuh. Mereka menggunakannya untuk mengunyah hal-hal yang keras, sehingga lepas. Berbeda dengan Koala. Ketika gigi lepas, mereka mati kelaparan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.