Sukses

Selain Pap Smear, Bahan Herbal Ini Juga Bisa Cegah Kanker Serviks

Selain dapat dicegah atau terdeteksi dengan pap smear, bahan herbal ini juga mampu mencegah kanker serviks.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi human papillomavirus (HPV) yang masuk ke dalam tubuh wanita adalah penyebab utama terjadinya kanker serviks. Jenis kanker ini sebenarnya dapat dicegah dan diketahui lebih dini melalui pap smear.

Namun, ada cara lebih mudah yang dapat dilakukan sehari-hari untuk mencegahnya, yaitu dengan pola diet khusus dan pengonsumsian kunyit dan vitamin tertentu.

Mengapa kunyit?

Mengutip Live Strong, Rabu (28/12/2016) kunyit yang dikenal sebagai curcuma longa adalah bahan herbal yang mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Untuk kasus kanker serviks, kandungan di dalam kunyit juga dapat mengurangi peradangan serviks dan menghancurkan virus papiloma di dalam tubuh.

Mengonsumsi kunyit juga dipercaya mampu meredakan gejala kanker serviks seperti pendarahan berat atau berlebihan, nyeri panggul, menyembuhkan lesi serviks (lesi pra-kanker) dan mencegah penyebaran sel-sel kanker serviks ke bagian lainnya.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung dengan memarut kunyit lalu memerasnya, menurut Ping-Chung Leung dan Harry Fong, penulis dari buku berjudul Alternative Treatment for Cancer, mengatakan kunyit juga dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul dan ekstrak cair khusus kanker serviks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.