Sukses

Terkuak Rahasia Panjang Umur 5 Orang Tertua di Dunia

Berdasarkan data, hanya ada 46 orang yang berhasil panjang umur hingga usianya lebih dari 110 tahun.

Liputan6.com, London - Orang paling panjang umur alias paling tua di dunia, Emma Murano, merayakan ulang tahunnya ke 117 pada November lalu. Wanita asal Italia ini menyatakan rahasia panjang umur karena menjadi lajang serta rutin makan telur.

Selain Emma, ada puluhan orang lain yang usianya di atas 110 tahun. Berdasarkan data Gerontology Research Group di Los Angeles, Amerika Serikat yang memiliki rekaman data orang tertua di dunia mengatakan hanya ada 46 orang yang berhasil hidup lebih dari 110 tahun (supersentenarian) hidup di dunia ini.

Hampir sebagian besar rahasia panjang umur karena diet sehat serta rileks dalam menghadapi hidup. Namun, ada beberapa rahasia yang membuat mereka panjang umur. Apa saja?

Berikut rahasia panjang umur supersentenarian dari paling muda berdasarkan seperti mengutip Independent, Rabu (21/12/2016).

5. Adele Dunlap (113 tahun)

Adele adalah orang tertua di Amerika Serikat. Dia lahir di 12 Desember 1902 dan kini tinggal di New Jersey.
Adele sendiri bingung mengapa bisa panjang umur. Putera Adele, Earl, mengatakan Adele tidak pernah mengajak gaya hidup sehat.

"Dia tidak pernah pergi untuk jogging atau hal mirip seperti itu. Ia juga merokok, namun sejak ayahku kena serangan jantung, sudah berhenti," kata Earl.

Salah satu kebiasaan wanita panjang umur ini yang masih dilakukan adalah oatmeal

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ana Maria Vela Rubio (115 tahun)

4. Ana Maria Vela Rubio (115 tahun)

ana-maria.jpg

Ana Vela Rubio lahir pada 30 Oktober 1901 yang membuatnya menjadi orang tertua di Spanyol. Ana memiliki dua anak, empat cucu, dan 17 cicit.

Menurut anaknya, Rubio, kasih sayang dan sikap positif terhadap orang lain yang membuat Ana panjang umur.

"Ibu selalu berusaha menjadi yang terbaik bagi kami, memberi kami pendidikan terbaik, dan membuat kami bahagia," kata Rubio.

3 dari 5 halaman

3. Nabi Tajima (116 tahun)

3. Nabi Tajima (116 tahun)

Tajima lahir pada 4 Agustus 1900. Wanita asal Jepang ini telah diverifikasi sebagai orang tertua di Negeri Sakura. Wanita ini memiliki sembilan anak dengan 28 cucu, 56 cicit, dan 35 canggah.

Tajima belum pernah berbicara di depan umum mengenai kunci panjang umurnya.

Orang tertua di Jepang sebelum Tajima, Misao Okawa. Wanita ini mengungkapkan kunci panjang umurnya dengan mengonsumsi makanan enak. Termasuk ramen, sushi, dan daging sapi.

"Jangan lupa makan dan tidur cukup. Anda juga harus belajar rileks," kata Okawa.

4 dari 5 halaman

2. Violet Brown (116 tahun)

2. Violet Brown (116 tahun)

violet-brown.jpg

Violet merupakan orang Jamaika tertua. Menurut puteranya, Harold Brown, Violet gemar makan dalam porsi kecil tidak pernah makan babi maupun ayam. Makanan kegemaran Violet diantaranya ikan, mangga, jeruk, serta ubi jalar.

Pada 2011, saat wanita ini dibaptis mengungkapkan bahwa kunci dia panjang umur karena mengikuti Sepuluh Perintah Allah. "Hormati ibu dan ayahmu sehingga kamu panjang umur," katanya.

5 dari 5 halaman

Emma Morano (117 tahun)

1. Emma Morano (117 tahun)

Wanita asal Verbania, Italia ini menjadi orang tertua di dunia. Ia lahir pada akhir 1800-an. Emma merayakan ulang tahunnya ke 117 pada 29 November 2016.

Emma mengatakan menjadi lajang rahasia panjang umur. Ia juga mengungkapkan menjalani hidup dengan makan-makanan sederhana jadi rahasia panjang umur lainnya.

Emma Morano menjadi manusia terakhir dari abad ke-19 yang masih hidup di abad ke-21. Ia baru saja ulang tahun. (Via: boredpanda.com)

"Saya makan dua telur sehari. Dan kue. Tapi aku tidak makan banyak karena tidak punya gigi," katanya.
Kebiasaan makan telur ini dimulai sejak usia 20 tahun. Saat itu ia didiagnosis anemia. Sehingga ia makan telur setiap hari.

Emma juga tidak lagi makan daging sejak suaminya meninggal pada 1938.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.