Sukses

Jangan Remehkan Aktivitas Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan

Jalan kaki merupakan hal yang sederhana, mudah dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan

Liputan6.com, New York- Jangan remehkan kehebatan jalan kaki dalam menurunkan berat badan. Menurut personal trainer dari Amerika Serikat, Hannah Davis, aktivitas sederhana yang satu ini tepat bagi mereka pekerja kantoran.

"Jalan kaki merupakan hal yang sederhana, mudah dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan, terumata bila gaya hidup Anda terlalu lama bekerja di balik meja dan mobil," kata Davis.

Aktivitas fisik bergerak seperti ini membantu membakar lemak tubuh. Ditambah lagi, berjalan kaki mampu memangkas stres. "Pikiran tidak mudah stres, mudah untuk bisa menurunkan berat badan," kata Davis seperti dikutip dari situs Women's Health, Rabu (14/12/2016).

Tertarik menurunkan berat badan dengan jalan kaki? Jika iya, lakukan beberapa hal berikut untuk membakar kalori lebih banyak demi mewujudkan berat badan yang ingin Anda capai.

1. 15.000 langkah per hari

Perbanyaklah langkah kaki setiap hari. Davids menyarankan sekitar 15.000 langkah per hari selama tujuh hari untuk menurunkan berat badan.

"Tidak seperti olahraga lainnya , menambah langkah kaki per hari tidak akan membuat tubuh jadi stres ataupun membuat tubuh rentan cedera," kata Davis lagi.

2. Jalan kaki 3x30 menit per hari

Paling tidak dalam satu hari berjalan kaki tiga kali dengan durasi masing-masing 30 menit untuk mencapai tujuan dalam menurunkan berat badan.

3. Jalan kaki ke bukit

Tak hanya jalan kaki di tempat yang datar, tapi juga yang menanjak. Seperti bukit atau tangga. "Berjalan kaki di bukit atau tangga membantu membentuk otot yang juga meningkatkan metabolisme tubuh." kata Davis.

Davis menyarankan untuk melakukan jalan kaki di bukit maupun tangga tiga kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayunkan tangan

4. Jalan kaki dengan mengayunkan tangan

Saat berjalan kaki, jangan lupa untuk mengikutsertakan tangan. "Gerakan tambahan ini membantu membakar lebih banyak kalori dan membentuk kekuatan pada bahu dan otot perut," kata Davis.

5. Tambahkan kegiatan lain

Saat ingin menurunkan berat badan dengan berjalan kaki, tambahkan gerakan lain. "Misalnya setelah berjalan beberapa blok, berhenti sejenak kemudian lakukan 15-20 squat," katanya lagi.

6. Perhatikan asupan nutrisi

Asupan nutrisi penting juga diperhatikan. Bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan dengan jalan kaki batasi hanya mengonsumsi 1.200-1.600 kalori per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini