Sukses

Bir Bisa Cegah Diabetes Tipe 2

Minum bir secara moderat memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya mencegah diabetes tipe 2.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, minum bir dengan jumlah moderat atau dalam kadar tergolong cukup, bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda, bahkan hal ini sudah ditunjukkan melalui serangkaian penelitian yang dilakukan di berbagai negara di dunia ini.

Apa saja manfaatnya?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, di bawah ini adalah beberapa manfaat mengejutkan dari bir bagi kesehatan Anda, seperti dilansir dari Menshealth, Jumat (9/12/2016):

1. Kesehatan jantung

Para peneliti dari Italia menemukan bahwa peminum bir moderat, 42 persen berisiko lebih rendah memiliki penyakit jantung dibandingkan dengan non-peminum. “Untuk perlindungan maksimal, pastikan pengonsumsian bir Anda hanya sebanyak satu liter sehari,” ujar para peneliti.

2. Tingkatkan kreativitas

Menurut studi dalam jurnal Consciousness and Cognition, minum bir secara moderat bisa meningkatkan kreativitas. Ketika 40 pria menonton film sambil menyelesaikan teka-teki verbal, pria yang meminum bir dengan kadar alkohol dalam darahnya sebesar 0,075, dapat memecahkan masalah beberapa detik lebih cepat daripada pria yang tidak minum alkohol.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Para peneliti dari Belanda, menganalisis 38.000 ahli kesehatan pria dan menemukan, ketika pria yang bukan peminum mulai minum bir dengan jumlah moderat selama empat tahun, secara signifikan mereka kurang mungkin didiagnosis dokter dengan diabetes tipe 2.

Namun meningkatkan konsumsi alkohol dari waktu ke waktu, tidak menurunkan risiko diabetes pada pria yang memang sebelumnya memang senang minum bebeberapa bir dalam sehari. Sehigga moderasi adalah kunci yang penting dalam hal ini. 

4. Menjaga kesehatan ginjal

Para peneliti di Finlandia menemukan bahwa setiap gelas bir yang diminum pria setiap hari, dapat menurunkan risikonya untuk mengembangkan batu ginjal, sebesar 40 persen.

Para peneliti tidak dapat menjelaskan secara persis hubugan keduanya, tapi mereka berspekulasi bahwa asupan cairan yang tinggi, tidak hanya membuat seseorang jadi bolak-balik ke kamar mandi, tetapi juga menjaga ginjalnya berfungsi dengan baik.

5. Pulih lebih cepat

Sebuah penelitian di Spanyol menemukan, bahwa tidak hanya gatorade (minuman untuk mengembalikan kesegaran tubuh) yang mampu membantu memulihkan tubuh Anda setelah berolahraga, tetapi minuman alkohol seperti bir juga bisa memiliki efek yang sama. 

Untuk menemukan kesimpulan tersebut, peneliti meminta para siswa untuk berolahraga sampai suhu tubuh mereka mencapai 104 derajat, kemudian mereka diberikan bir atau air putih untuk kembali membuat tubuhnya terhidrasi. Ternyata, orang-orang yang minum bir setelah latihan, agak lebih banyak terhidrasi dibandingkan dengan mereka yang hanya mendapatkan air putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini