Sukses

Pemicu Terjadinya Haid Pertama di Usia yang Berbeda-beda

Ada yang haid pertama saat 9 tahun, tapi teman lain saat 14 tahun. Faktor apa yang memicu hal tersebut?

Liputan6.com, New York Seorang teman mengalami haid pertama di umur delapan tahun. Sementara teman yang lain atau mungkin Anda sendiri, malah haid pertama di usia remaja, 14 tahun. 

Kamu harus tahu bahwa haid pertama pada anak perempuan dipengaruhi oleh banyak hal. Paling sering dipengaruhi genetika. 

Tidak heran bila usia haid pertama Anda atau teman Anda bisa berbeda-beda dan tak jarang mirip dengan usia pertama kali ibu kita mengalami menstruasi, seperti dijelaskan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Center for Sexual Health and Education, AS, Mauren Whelihan.

"Faktor lingkungan dan juga berat badan bisa memengaruhi kapan seorang perempuan haid pertama," kata Whelihan dikutip Glamour, Rabu (7/12/2016).

Terkait berat badan, misalnya, lemak di dalam tubuh sangat memengaruhi menstruasi pertama. Itu sebabnya anak-anak perempuan perlu menjaga berat badannya tetap normal, agar haid pertama tidak datang terlalu cepat.

"Semakin berat bobot tubuh seorang anak perempuan, memicu usia lebih dini alami haid," kata Dokter Kebidanan dan Kandungan lain dari University of Illinois College of Medicine, Chicago, Amerika Serikat, Jessica Shepherd.

Jadi, tak heran, meningkatnya jumlah anak yang obesitas turut membuat banyak anak-anak perempuan alami haid pertama lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.