Sukses

7 Penyebab Gigi Kuning dan Kusam

Beberapa makanan, walau kadang sehat buat tubuh, bisa membuat gigi kuning dan kusam.

Liputan6.com, Jakarta Semakin berkembangnya teknologi, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan gigi putih berkilau, selain gosok gigi secara rutin. Kebiasaan menggosok gigi, walaupun dilakukan dua kali sehari, tidak lantas membuat gigi kuning Anda jadi putih.

Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah mengganti asupan harian yang dapat menyebabkan gigi kuning. Ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata dapat membuat gigi kuning dan kusam, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (6/12/2016):

1. Teh hijau 

Teh hijau dapat merusak gigi Anda. Memang, kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat membawa dampak positif bagi tubuh. Sayangnya, teh hijau dapat menjadikan gigi kuning. Untuk menghindarinya, 30 menit setelah minum teh hijau segeralah sikat gigi.

2. Lemonade 

Segelas lemonade yang terdiri dari soda dan lemon dapat merusak gigi putih Anda. Lemon mengandung asam yang dapat merusak enamel gigi. Enamel merupakan lapisan yang memberikan gigi Anda warna putih berkilau.

3. Minuman untuk olahraga

Minuman ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Minuman jenis ini dapat mendorong pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga dapat benar-benar merusak gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Smoothies atau jus hijau

Smoothies juga jus hijau dari sayuran berdaun hijau dicampur buah-buahan, seringkali dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet ataupun dalam rangka untuk menjaga kesehatannya.

Ketika buah ini mengalahkan sayuran karena kandungan asam yang tinggi, mereka dapat membahayakan enamel Anda. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan sedotan atau kurangi mengonsumsinya.

5. Buah beri 

Buah beri memiliki kandungan tinggi antioksidan. Tetapi, noda yang terdapat dalam buah beri ini sulit sekali dihilangkan dari gigi.

6. Terlalu sering pakai obat kumur 

Obat kumur dapat mengangkat plak gigi sekaligus membersihkannya. Tetapi, obat kumur mengandung chlorhexidine glukonat, yang dapat bereaksi dengan partikel sisa makanan di mulut. Kondisi ini dapat meninggalkan warna kekuningan di gigi Anda.

7. Terlalu lama berenang

Jika Anda berenang lebih dari enam jam seminggu di kolam renang, ini bisa membuat gigi Anda rusak. Ketika gigi Anda berhubungan dengan air yang diolah secara kimia, ini bisa membuat gigi kuning.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini