Sukses

Lima Foto Ini Mampu Redakan Stres, seperti Apa?

Berdasarkan penelitian, beberapa foto dan gambar mampu mengurangi tingkat stres.

Liputan6.com, Jakarta Tuntutan menyelesaikan pekerjaan atau keinginan yang belum terpenuhi dapat menjadi sumber stres. Untuk mengatasi stres, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.


Dilansir dari laman Health, Senin (5/12/2016), ternyata memandang beberapa foto dengan pola tertentu dapat membantu mengatasi stres. Berikut lima gambar menurut psikolog dapat membantu mengatasi stres.


1. Hamparan rumput hijau dan pepohonan

Rumah Pohon Curug Ciherang, Bogor. (marisolotrip.wordpress.com)

Psikolog menemukan bahwa warga perkotaan yang tinggal di dekat ruang hijau punya stres yang lebih rendah. Namun, Anda tidak perlu pemandangan taman untuk merasakan efek alam yang menenangkan.

Riset juga menunjukkan bahwa foto tumbuhan hijau bisa jadi pereda stres. Studi yang dilakukan pada 2012 di ruang tunggu rumah sakit Belanda menunjukkan bahwa pasien yang melihat tumbuhan hijau, baik itu foto maupun langsung dengan mata kepala sendiri, mengalami stres yang lebih rendah ketimbang yang tidak melihat sama sekali.

2. Pemandangan Laut

Pantai Koka. (Liputan6.com/Ola Keda)

Deburan ombak salah satu suara favorit yang dianggap bisa menenangkan pikiran, begitu pula dengan pemandangan laut. Para ahli berspekulasi bahwa laut memberikan rasa aman, karena melimpahnya air yang menjadi sumber kehidupan, dan permukaannya yang relatif tenang.

“Ketika hamparan laut menjadi objek pandangan, secara otomatis pemandangan itu membuat kita tenang, sama seperti menenangkan pikiran dengan menutup mata,” kata Michael Merzenich, ilmuwan saraf dari University of California San Francisco.

Tak hanya hamparan rumput hijau dan pemandangan laut yang dapat meredakan sters. Berbagai bentuk fraktal dapat membantu mengatasi stes.

Seperti apa gambar yang dapat mengatasi stres? Simak dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Tujuh Adegan Film Porno yang Mustahil Terjadi di Dunia Nyata. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini