Sukses

Menkes: Jangan Sampai Anak Jadi Korban, Ibu Hamil Baiknya Tes HIV

Di peringatan hari AIDS Sedunia 2016, Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek ingatkan para ibu hamil untuk lakukan tes HIV.

Liputan6.com, Surabaya Di peringatan hari AIDS Sedunia 2016, Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek ingatkan para ibu hamil untuk lakukan tes HIV. Selain hubungan seksual dan jarum suntik, penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) bisa juga dari ibu ke janin.

Ibu hamil yang terinfeksi HIV membuat buah hati tertular. Penularan bisa terjadi di dalam kandungan melalui plasenta, bisa juga pada saat persalinan.

"Setiap ibu hamil itu diperiksa HIV. Jangan sampai anak dijadikan korban karena anak yang terinfeksi HIV bakal seumur hidup harus minum obat," kata Nila di Surabaya, Kamis (1/12/2016).

Jika hasil tes ibu positif HIV, harus mengonsumi obat antiretroviral (ARV) secara disiplin. Sehingga potensi ibu menularkan pada anak menurun.

"Jika begini kan anak bisa hidup layak dengan kualitas tinggi," papar Nila.

Berdasarkan data 2005 sampai dengan Desember 2015 telah dilaporkan 191.073 orang terinfeksi HIV di Indonesia. Sekitar tiga persen diantaranya penularan dari ibu ke anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini