Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Perlukah Pelumas Jika Sudah Pakai Kondom?

Apa perlu menggunakan pelumas bila sudah menggunakan kondom?

Liputan6.com, Jakarta Pasangan yang telah lama menikah biasanya memilih menggunakan kondom karena masalah kekeringan pada organ intim. Memang bisa akibat kurang foreplay sebelum bercinta, namun bisa juga disebabkan faktor usia karena menjelang menopause, sebab wanita bisa mengalami perubahan hormon.

Lantas, apa perlu menggunakan pelumas bila sudah menggunakan kondom?

Laman DKT Indonesia mencatat, sebenarnya kondom sudah memiliki pelumas atau pelicin. Namun bila Anda merasa masih kurang, Anda bisa menambahkan sendiri pelumas yang aman.

"Pelicin bisa mencegah kondom robek ketika dipakai dan dapat mencegah terjadinya lecet yang bisa meningkatkan kemungkinan terinfeksi penyakit," tulis pemasar kondom di Indonesia tersebut.

Bila Anda memakai pelicin tambahan, pastikan menggunkan pelumas dengan bahan dasar air yang khusus dibuat untuk itu. Jangan pernah menggunakan pelumas mengandung minyak, lemak atau gemuk; seperti body lotion atau minyak untuk masak apalagi bahan kosmetik berminyak. Semua itu bisa merusak lateks dan menyebabkan kondom mudah robek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.