Sukses

Hindari Makanan Minuman Pembuat Sulit Hamil

Menjaga asupan makanan dan minuman merupakan faktor penting untuk memperbesar peluang kehamilan.

Liputan6.com, New York Bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil, menjaga asupan makanan dan minuman merupakan faktor penting untuk memperbesar peluang kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang itu sudah pasti, tapi ada beberapa hal yang perlu dihindari.

Berikut makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari atau paling tidak dikurangi untuk memperbesar peluang kehamilan seperti dikutip dari Woman's Day, Rabu (30/11/2016).

1. Kopi
Tidak perlu benar-benar setop minum kopi, tapi paling tidak batasi asupan kopi sekitar 200 mg per hari.

2. Ikan tinggi merkuri
Kandungan omega-3 pada ikan amat penting bagi wanita yang ingin hamil. Namun hindari ikan yang tinggi merkuri seperti ikan-ikan besar . Kandungan merkuri bisa bertahan di dalam tubuh dan bertahan selama bertahun-tahun.

3. Kedelai
Jika mengonsumsi kedelai berlebihan, bisa membuat hormon estrogen dalam tubuh tidak seimbang. Hal ini bisa mempengaruhi produksi telur dan ovulasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daging olahan

4. Alkohol
Saat hamil, wanita dilarang untuk mengonsumsi alkohol. Namun sebelum hamil pun sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol. Minuman ini terkait dengan berkurangnya sel telur serta memengaruhi hormon estrogen dan progesteron.

5. Daging olahan
Studi dari Harvard University, mengonsumsi daging olahan terkait dengan menurunnya kualitas air mani. Jadi, daripada mengonsumsi sosis atau nuget lebih baik pilih daging ayam atau sapi.

6. Batasi makanan tinggi gula
Mengonsumsi aneka makanan manis seperti permen, gula-gula, minuman bersoda dan asupan sejenis lainnya bisa memicu ketidakstabilan kadar gula dalam darah. Hal ini bisa membuat tingkat hormon reproduksi kacau. Agar hormon tubuh seimbang, batasi asupan gula.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini