Sukses

Kornea Mata Wanita Ini Robek Saat Copot Lensa Kontaknya

Seorang wanita bernama Meabh McHugh-Hill (23), tidak sengaja merobek korneanya saat ia sedang melepaskan lensa kontaknya

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita bernama Meabh McHugh-Hill (23), tidak sengaja merobek korneanya saat ia sedang melepaskan lensa kontak yang sudah ia pakai selama 10 jam.

Selain rasa sakit yang luar biasa, cedera mata seperti yang ia alami bisa menyebabkan kebutaan total dan bahkan bisa memerlukan transplatasi kornea.

“Saya menderita sakit yang tak tertahankan selama seminggu. Saya memang sudah lama menderita mata kering sejak usia 16 tahun, semenjak saya mulai memakai lensa kontak. Bahkan saya suka memakainya hingga 12 jam pada satu waktu,” ujarnya.

Asisten profesor klinis di Touro Osteopathic College of Medicine di New York, Niket Sonpal, M.D. menjelaskan alasan mengapa hal ini terjadi.

"Pemakaian lensa kontak selama berjam-jam menyebabkan beberapa hal terjadi. Protein menumpuk di lensa mata, mata Anda semakin kekurangan pasokan oksigen, dan permukaan mata mulai mengering. Saat mata semakin kering, lensa kontak Anda akan 'merekat' pada permukaan mata Anda, seperti yang terjadi pada Meabh," katanya.

Lalu bagaimana mencegah agar tidak mengalami hal yang sama seperti Meabh?

Langkah pertama menurut Sonpal ialah, tidak memakai lensa kontak lebih lama dari waktu yang sudah ditentukan oleh merek lensa kontak Anda, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Selasa (29/11/2016).

Kedua, jika Anda rentan mengalami mata kering, sangat baik untuk meneteskan obat tetes mata sedikit lebih sering. Dan ketiga, jangan pernah tidur menggunakan lensa kontak, karena mata Anda cenderung lebih kering saat malam, sehingga ketika terbangun mata akan lebih lengket ke lensa kontak.

“Jika lensa Anda susah dilepas, berhenti memaksanya. Lebih baik segera rehidrasi dulu mata Anda menggunakan obat tetes mata dan tunggu selama beberapa menit. Biarkan mata Anda memproduksi air mata alami, sehingga lensa kontak akan jadi lembut kembali,” ujarnya.

Namun jika lensa kontak masih sulit dilepas, jangan memaksa untuk melepasnya, tapi lebih baik segera buat janji darurat dengan dokter mata Anda. Mereka dapat membantu untuk melembabkan mata, sehingga Anda bisa terhindar dari kerusakan kornea mata. Selain itu, jika Anda merasakan sakit yang tajam setelah melepas lensa kontak, segera kunjungi dokter. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini