Sukses

Belekan Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Kotoran mata seringkali disepelekan oleh kita, tapi ternyata mereka bisa memberitahukan banyak hal mengenai apa yang terjadi pada tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Belek atau kotoran mata umumnya normal bila muncul sedikit dan sesekali. Namun bagaimana bila belek ini terus ada dan semakin terbentuk atau bahkan sampai menumpuk?

Menurut Direktur ruang gawat darurat di Massachusetts Eye and Ear Infirmary, Matthew Gardiner, MD, bila hal tersebut terjadi, maka bisa terjadi karena beberapa hal, seperti dilansir dari Prevention, Selasa (29/11/2016):

1. Anda memiliki infeksi mata

Berbagai infeksi seperti blepharitis (radang kelopak mata) dapat menyebabkan iritasi pada mata yang menyebabkan kotoran yang mengeras. Sehingga, bulu mata Anda menjadi kusut dan Anda mungkin sulit membuka mata di pagi hari.

Hal ini menurutnya bisa diredakan dengan mengompres menggunakan air hangat dan membersihan kelopak mata menggunakan sampo bayi yang diencerkan dengan air, tidak ada obat-obatan yang diperlukan.

2. Anda memiliki flu

Infeksi virus pada mata seperti konjungtivitis dapat menyertai flu dan menyebabkan debit air di mata, merah, dan iritasi. “Flu mempengaruhi semua selaput lendir di kepala Anda. Jadi jika flu reda, maka mata Anda juga akan membaik. Namun jika Anda melihat debit kehijauan, segera beritahu dokter Anda. Ini mungkin tanda infeksi sinus,” ujarnya.

3. Anda alergi terhadap sesuatu

Konjungtivitis juga bisa datang dalam bentuk bakteri atau alergi, yang menyebabkan mata merah, gatal dan belek yang membentang seperti "benang". 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini