Sukses

Penyebab Timbulnya Kantung Mata Membandel

Kemunculan lingkaran hitam yang membendung menjadi kantung di bagian bawah mata membuat penampilan wajah kurang rupawan.

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran hitam di bawah mata kerap kali membuat penampilan wajah menjadi kurang rupawan. Kebanyakan orang mengaosiasikan kantung mata dengan kekurangan tidur, namun ada sejumlah faktor lainnya yang juga memungkinkan kemunculan lingkaran hitam tersebut di bagian bawah mata.

“Faktor kedua yang sebetulnya merupakan penyebab terbesar adanya kantung mata adalah genetik,” ungkap Dr. Carol Clinton, speliasis perawatan kulit di Timeless Skin Solution, Dublin, Ohio, kepada Live Science, mengutip Senin (28/11/2016).

Mereka yang memiliki genetik ini umumnya berkulit tipis dan pucat, sehingga pada waktu-waktu tertentu, terutama dalam kondisi lelah dan stres, kantung matanya terlihat sangat jelas. Pasalnya kondisi tersebut memperlambat sirkulasi darah di daerah mata, lalu kapiler atau pembuluh darah tipisnya cenderung meregang dan bocor, sehingga pembengkakkan pun terjadi.

Kulit tipisnya akan kesulitan menyembunyikan bengkak tersebut dan pigmen atau warna kulit pun turut berubah menjadi lebih gelap keunguan atau kebiruan menuju hitam. Selain kurang tidur dan faktor genetik, alasan seseorang memiliki kantung mata adalah alergi.

“Faktor lingkungan bisa menyebabkan kantung mata muncul atau bengkak. Alergi contohnya, dapat menyebabkan kapiler bocor,” Lanjut Clinton.

Menurutnya, ketika tubuh terpapar alergen, ia melepaskan zat protein untuk kekebalan yang disebut antihistamin. Zat ini dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam dan sekitar mata membengkak.

Lalu alasan berikutnya yang memicu kemunculan kantung mata pada seseorang adalah, keseringan menggosok bagian tersebut. Menggosok mata terlalu sering sangat mungkin membuat lingkaran hitam muncul karena tindakan ini merangsang pembuluh kapiler yang sudah rawan bocor untuk menjadi lebih renggang.

“Daripada menggosok bagian mata saat terasa gatal atau tak nyaman, lebih baik letakkan es batu di atas kelopak mata yang tertutup selama 60 hingga 90 detik,” jelas Clinton.

Ia berpendapat, kompresan es batu yang merupakan air dingin mampu menyempitkan kembali pembuluh darah yang renggang dan bocor. Pasalnya hal tersebut bisa menghentikan sensasi gatal. Kemudian, keseringan terkena sinar matahari serta mengonsumsi makanan asin juga bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata. Paparan sinar matahari yang terlalu ekstrem akan membuat kulit jadi lebih tipis.

Pengonsumsian makanan asin berlebihan membuat tubuh menahan lebih banyak air dan membiarkan pembengkakkan yang ada pada bagian bawah mata. Ada pula faktor lain seperti lemak berlebih pada bagian bawah mata dan juga bertambahnya usia, yang sangat mungkin bertanggung jawab atas keberadaan lingkaran hitam serta kantung pada bagian bawah mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini