Sukses

Cara Efektif Atasi Heartburn Saat Hamil

Heartburn bisa terjadi akibat gangguan pencernaan atau asam lambung yang muncul atau semakin parah saat hamil.

Liputan6.com, Jakarta Heartburn atau rasa panas di dada seringkali dialami oleh beberapa wanita yang sedang hamil. Heartburn merupakan kondisi ketika ibu hamil merasakan sensasi panas atau terbakar di daerah dada.

Heartburn bisa terjadi akibat gangguan pencernaan atau asam lambung yang muncul atau semakin parah saat hamil. Salah satu pemicu utamanya adalah makanan yang dapat membuat asam lambung naik hingga menyebabkan rasa panas di daerah dada.

Cara-cara berikut ini dapat membantu Anda mengatasi heartburn saat hamil.

1. Makanlah dalam porsi kecil namun sering

Ini lebih membantu mengurangi heartburn dibanding makan sekaligus dalam jumlah banyak. Selain itu, kunyah makanan secara perlahan kemudian telan. Cara ini bisa membuat sistem pencernaan Anda tidak bekerja terlalu berat.

2. Minum minimal 8 gelas air putih sehari, setiap jam

3. Hindari berbaring setelah makan

Tetaplah dalam posisi tegak atau duduk setidaknya satu jam setelah makan untuk membantu tubuh mencerna makanan lebih baik.

4. Anda bisa mencoba makan sesendok yoghurt setelah makan

Probiotik dalam yoghurt dapat membantu menetralisir asam dalam perut dan esofagus.

5. Hindari cokelat, saus tomat, buah jeruk, minuman berkafein, bawang putih, bawang merah, dan makanan yang pedas.

Makanan tersebut mengandung asam yang dapat memicu kenaikan asam lambung.

7. Anda juga bisa mencoba dua teknik latihan pernapasan ini untuk mengurangi heartburn

Pertama, duduk dengan kaki disilangkan dan letakkan tangan Anda pada pergelangan kaki. Tarik napas melalui hidung, rasakan napas di perut saat melengkungkan punggung dan melihat ke atas. Buang napas melalui mulut Anda saat melihat ke bawah dan tegakkan punggung. Ulangi ini lima kali sehari.

Kedua, saat duduk di kursi, rapatkan jari-jari tangan Anda di belakang kepala dan tarik napas melalui hidung. Rasakan napas berpindah ke perut dan jantung. Buang napas melalui mulut Anda saat menekan siku ke belakang dan ke bawah. Ulangi ini lima kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini