Sukses

Manfaat Lemon untuk Detoks

Memulai hari dengan minum lemon yang dicampur dengan air hangat sangat bagus untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Memulai hari dengan minum lemon yang dicampur dengan air hangat sangat bagus untuk kesehatan. Bukan hanya satu manfaat, tapi ada tiga keajaiban yang dikeluarkan buah asam ini.

Berikut ini tiga manfaat lemon yang utama, dilansir laman Shape, Senin (28/11/2016).

1. Meningkatkan pencernaan

Sebenarnya dalam beberapa kasus lemon bisa memperburuk masalah dengan perut Anda, karena asam sitrat dalam lemon dapat menyebabkan sakit perut dan kram. Jadi bagaimana minum jus lemon bisa meningkatkan pencernaan?

Ada sebuah studi dari sekitar tiga dekade lalu yang menunjukkan asam sitrat dapat menyerap aluminium hidroksida. Sifat asam pada lemon mendukung lingkungan yang optimal dalam perut.

2. Meningkatkan penyerapan mineral

Vitamin C ditemukan dalam jus lemon telah terbukti meningkatkan penyerapan mineral. Dan vitamin C dapat ditemui dalam buah-buahan dan sayuran, termasuk lemon.

3. detoks

Salah satu manfaat terbesar dalam lemon adalah membantu detoksifikasi tubuh. Dengan antioksidan yang disebut d-limonene, yang juga ditemukan dalam jeruk paling konsentrasi di bagian kulitnya. D-limonene mengaktifkan enzim dalam hati yang merupakan tahap 1 dan 2 proses detoksifikasi. Proses ini mengambil senyawa dalam hati yang beracun dari sel, dan mengkonversikannya ke versi non-berbahaya atau kurang bahaya. Racun tersebut bisa berasal dari kafein untuk ibuprofen.

Dalam satu liter jus lemon tanpa kulit mengandung rata-rata 100 miligram (mg) d-limonene. Para peneliti memperkirakan dosis aktif limonene adalah 500mg. D-limonene adalah senyawa menarik yang bekerja meringankan penyakit refluks gastro-esofagus (GERD).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.