Sukses

Haluskan Kulit Kaki dengan Pisang, Cuka, atau Minyak Kelapa

Kulit kaki yang pecah-pecah tentu bakal merusak penampilan Anda. Ingin kulit kaki kembali halus gunakan pisang, cuka, atau minyak kelapa.

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya kelembapan udara di kaki, khususnya tumit, membuat kulit tumit retak. Biasanya, ini lebih sering terjadi saat memasuki musim dingin dan sering berdiri terlalu lama dengan memakai sepatu yang tidak pas.

Kulit kaki yang pecah-pecah tak hanya merusak penampilan saat memakai sepatu yang terbuka di bagian belakang, tapi juga bisa membuat Anda kesakitan.

Kurang merawat kaki yang pecah-pecah bisa menyebabkan kaki berdarah dan infeksi. Saat mengalami ini, Anda mungkin memilih menggunakan produk penghilang kulit pecah-pecah. Sayang, ini belum bisa menyembuhkan tumit yang pecah-pecah. Tak ada salahnya untuk mencoba bahan alami seperti pisang yang matang untuk mengobati tumit kaki yang pecah-pecah.

Pisang yang telah matang sangat berguna untuk menyingkirkan kulit kaki yang pecah-pecah. Haluskan satu atau lebih buah pisang yang telah matang hingga menjadi berbentuk seperti pasta tebal.

Kemudian, terapkan pasta ke bagian kaki yang retak. Lalu, cuci kaki dengan air dingin dan air hangat.

Selain menggunakan pisang, melakukan scrub pada kaki juga bisa mengatasi kulit pecah-pecah. Scrub dengan menggunakan batu khusus ataupun produk scrub akan mengangkat sel kulit mati. Lakukan ini saat mandi atau sebelum tidur di malam hari karena lebih efektif mengangkat kulit yang retak.

Rendam dahulu kaki Anda di air hangat untuk melunakkan kulit yang keras sehingga proses scrub atau pengangkatan lebih mudah. Setelah itu gunakan pelembap agar kulit tidak kering. Adapun asam asetat dalam cuka dapat melembutkan kulit Anda dan membantu proses pengelupasan kulit mati.

Campurkan secangkir cuka sari apel dalam dua gelas air dan rendam kaki selama 10-15 menit. Kemudian, gosok kaki, bersihkan dan keringkan. Oleskan pelembap setelah menggunakan ramuan ini. Minyak kelapa dan jeruk lemon juga bisa mengatasi kulit pecah-pecah.

Terapkan minyak kelapa di kulit yang retak untuk membantu melembapkannya dan membasmi jamur juga infeksi bakteri. Anda juga bisa menggunakan air kelapa setelah melakukan scrub dan untuk membersihkan kaki.

Di samping itu, asam alami pada jeruk lemon dapat mengangkat sel kulit mati di kaki dan membuatnya lembut dan pastinya sehat. Tambahkan air perasan jeruk lemon dalam air hangat dan gosok pada kulit kaki sekitar 10 menit. Gosok perlahan, cuci dan keringkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.