Sukses

Berhubungan Seksual Saat Menstruasi, Amankah?

Amankah seorang wanita yang tengah masa haid berhubungan seksual?

Liputan6.com, Jakarta Kalau ingat film 50 Shades of Grey, tentu Anda juga tak lupa dengan beberapa adegan syur yang dilakukan Anastasia Steele saat menstruasi bersama Christian Grey. Lantas, amankah seorang wanita yang tengah masa haid berhubungan seksual?

Tara Ford, seorang asisten dokter di Pusat Medis Wanita Seksualitas di Purchase, New York, memberikan jawabannya. Dilansir laman Health, Kamis (24/11/2016), Anda dapat mengetahui seks saat menstruasi itu baik, buruk atau malah berantakan.

"Jika pasien merasa nyaman melakukannya, itu bagus untuk terus berhubungan seks sepanjang bulan, dan tidak perlu beristirahat," kata Ford. "Ini sangat alami dan aman bagi kedua pasangan."

Untuk menghindari adanya noda di seprai, Ford menyarankan meletakkan handuk di atas tempat tidur, atau melakukannya di kamar mandi. Jangan khawatir jika melihat gumpalan merah, atau cokelat gelap selama atau setelah berhubungan seks, itu darah yang lebih tua, dan sel-sel dari lapisan rahim Anda, dan itu normal.

Gairah seks

Gairah seks berbeda bagi setiap wanita, dan beberapa mungkin terganggu oleh menstruasi. Kadang-kadang adanya darah menstruasi bisa mengganggu mood untuk berhubungan seks. Namun pada wanita lainnya menstruasi bisa membuatnya bergairah. Itu karena estrogen dan testosteron rendah di hari pertama, tapi naik di hari ketiga.

"Beberapa wanita melaporkan mereka lebih terangsang dan lebih sensitif sekitar waktu itu," Ford melanjutkan.

Itu juga bisa menjadi tambahan pelumas saat berhubungan seks, sehingga meningkatkan kenikmatan. Jika Anda biasa menggunakan pelumas yang dibeli di toko, mungkin dalam periode ini Anda bisa mendapatkan yang alami.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orgasme bahkan dapat meredakan kram menstruasi dan PMS.

Kekuatan pasangan

Perempuan tidak boleh berasumsi kalau pasangan akan kotor karena darah menstruasi, sehingga sering kali wanita yang haid berhenti untuk melakukan hubungan seksual.

Setiap pasangan berbeda dan beberapa orang akan lebih terbuka untuk itu. Jika Anda penasaran dengan pikiran pasangan, lebih baik Anda membicarakannya.  "Komunikasi yang baik dapat menyebabkan seks yang hebat setiap saat selama menstruasi," ujar Ford.

Kondom perempuan

Kondom perempuan dapat membantu mengurangi jumlah darah yang mungkin keluar saat berhubungan seksual. Jika Anda tidak nyaman, tapi tetap ingin berhubungan seksual, pilihlah gaya misionaris, dengan posisi wanita di punggungnya, sehingga bisa membatasi aliran darah.

Jangan lupa perlindungan

Anda masih bisa hamil jika berhubungan seks saat menstruasi. "Beberapa waktu yang berlangsung lebih dari seminggu dan kadang-kadang ovulasi wanita bisa tumpang tindih dengan menstruasi," kata Ford.

Sperma dapat hidup selama tiga sampai lima hari. Baik jika Anda bisa mengontrol kelahiran. Tapi jika tidak usahakan dengan berbagai perlindungan.

Anda juga memerlukan perlindungan jika tidak mengetahui status penyakit menular seksual pasangan. Karena serviks lebih terbuka selama masa haid, Anda berisiko sedikit lebih tinggi dari infeksi dari paparan penyakit menular seksual saat berhubungan seks tanpa kondom, Ford menandaskan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.