Sukses

Dengarkan Lagu Favorit Bisa Ringankan Nyeri Tubuh

Sebuah studi yang terpapar dalam Journal of Pain menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memotong rasa sakit sebesar 17 persen.

Liputan6.com, Jakarta Musik tidak hanya sekadar membuat suasana hati lebih senang dan rileks, bahkan kekuatan lantunan suara dari sebuah lagu dapat meredakan nyeri tubuh secara alami.

Sebuah studi yang terpapar dalam Journal of Pain menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memotong rasa sakit sebesar 17 persen.

"Peserta studi diminta untuk berkonsentrasi mendengarkan sebuah lagu dan kami menemukan musik dua kali lipat mampu meringankan rasa nyeri yang dirasakan peserta," kata penulis studi David Bradshaw, Ph.D., dari Pain Research Center, University of Utah.

Bradshaw menjelaskan bahwa usaha konsentrasi yang dilakukan individu dapat mengalihkan dan mengalahkan rasa nyeri yang sedang dirasakan oleh individu. Ketika otak berkonsentrasi maka tubuh dan emosional akan merespon sehingga proses ini dapat memangkas rasa sakit atau nyeri.

"Melibatkan pikiran Anda dengan musik juga dapat membantu mengubah khawatir atau apapun yang Anda rasakan pada saat itu termasuk nyeri tubuh,"ujar Bradshaw.

Bradshaw menyarankan untuk mendengarkan jenis lagu favorit pilihan Anda untuk mempercepat hilangnya rasa nyeri, "Lagu kesukaan Anda adalah pilihan terbaik sebagai peredam nyeri. Karena kemungkinan besar itu membuat otak lebih dalam untuk menghilangkan rasa sakit" dikutip dari Men's Fitness, Jumat (25/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.