Sukses

Pria, Lakukan Olahraga Ini untuk Perbaiki Kualitas Sperma

Stres dapat mempengaruhi kualitas sperma Anda. Jadi jika Anda dan pasangan sedang dalam proses memiliki anak, coba lakukan yoga.

Liputan6.com, Jakarta Stres dapat mempengaruhi kualitas sperma Anda. Jadi jika Anda dan pasangan sedang dalam program memiliki anak, coba lakukan yoga.

Menurut ahli genetika dari All India Institute of Medical Sciences di India, Rima Dada, Ph.D, yoga dapat membuat sperma Anda lebih sehat, seperti dilansir dari Menshealth, Rabu (23/11/2016).

Berdasarkan riset, pria yang melakukan yoga selama lima hari dalam seminggu memperlihatkan penurunan yang signifikan pada stres oksidatifnya hanya dalam waktu 15 hari. Kerusakan DNA pada spermanya juga membaik setelah enam bulan, sehingga meningkatkan peluang kesuburan mereka.

Namun, jika pasangan tidak juga hamil walaupun Anda sudah melakukan yoga, lebih baik kunjungi dokter segera. Kemungkinan Anda perlu melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh, pengambilan sampel sperma, dan tes darah untuk memeriksa hormon serta kadar gula darah.

Pengobatan tersebut tergantung pada penyebab ketidaksuburan Anda, jadi bisa dengan meminum obat-obatan hormonal untuk merangsang produksi normal sperma, atau bahkan bisa dengan menjalani perawatan bedah jika Anda memiliki kondisi seperti varikokel, yaitu vena darah yang melebar atau membesar secara abnormal di buah zakar Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini