Sukses

Menstruasi Terasa Sakit? Hindari Lakukan 7 Kebiasaan Ini

Rasa nyeri di perut hingga suasana hati yang turun naik saat menstruasi bisa dipicu kebiasaan-kebiasaan berikut.

Liputan6.com, New York Menstruasi merupakan tamu bulanan yang tidak bisa dihindari oleh wanita. Kerap kali menstruasi membuat aktivitas sehari-hari jadi sedikit menantang. Mulai dari rasa nyeri di perut hingga suasana hati yang turun naik kerap terjadi saat menstruasi. Alhasil sekolah maupun pekerjaan jadi terganggu.

Bisa jadi rasa tidak nyaman pada saat menstruasi akibat kebiasaan yang dilakukan. Berikut beberapa kebiasaan yang membuat menstruasi jadi terasa lebih sakit mengutip laman Glamour, Senin (21/11/2016).

1. Tidur kurang

Pada saat tidur, ada beberapa hormon yang aktif bekerja, termasuk hormon-hormon seks yang mengatur menstruasi. Bila kurang tidur, membuat menstruasi lebih panjang dari biasanya dan tidak teratur. Hal ini diketahui berdasarkan analisis data di aplikasi periode menstruasi Clue.

2. Minum alkohol
Mengonsumsi alkohol tepat sebelum menstruasi akan memperburuk pre menstrual syndrome (PMS). Salah satunya, kram. Hal ini terjadi karena minuman beralkohol membuat tubuh dehidrasi dan menurunkan kadar magnesium seperti diungkapkan pakar kesehatan wanita Donnica Moore.

Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga membuat pusing, suasana hati tidak naik turun, dan nyeri payudara.

Kopi

3. Kopi

Mengonsumsi minuman berkafein lebih dari satu gelas meningkatkan risiko PMS lebih dari 30 persen. Menurut Moore hal ini karena kafein membuat dehidrasi dan membuat usus jadi tak nyaman.

4. Stres

Dampak buruk stres memang luar biasa. Hal ini juga berpengaruh pada siklus menstruasi. Survei yang dilakukan pada Mental Daily menemukan, orang yang tingkat stres rendah, cenderung tidak alami kram parah.

Bila memang stres, coba redakan dengan berolahraga, meditasi, dan hal-hal lain yang menurunkan kondisi tersebut.

5. Merokok

Kebiasaan buruk yang satu ini juga mempengaruhi menstruasi, salah satunya membuat kram. Studi menyarankan untuk berhenti merokok dua minggu sebelum periode menstruasi.

Kebanyakan duduk

6. Kebanyakan duduk

Aktivitas yang diisi dengan duduk sepanjang hari membuat menstruasi jadi terasa berat seperti diungkap Moore. Dia pun menyarankan untuk rutin berolahraga agar aliran darah lancar serta menurunkan stres. Kedua hal tersebut berdampak positif pada menstruasi.

7. Konsumsi gula berlebih

Jelang menstruasi normal bila jadi mencari-cari makanan manis seperti cokelat atau es krim. Sayangnya, berlebihan mengonsumsi gula memperburuk menstruasi.

Moore menyarankan memilih makanan manis alami dari buah-buahan seperti buah kering,semangka, mangga, jambu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini