Sukses

Penyebab Gigi Tak Putih dan Cara Mengatasi

Banyak kosmetik yang menawarkan gigi putih, dan mengkilap dalam sekejap.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kosmetik yang menawarkan gigi putih, dan mengkilap dalam sekejap. Bahkan di Amerika lebih dari USD 1,4 miliar atau setara dengan Rp 18 triliun produk pemutih gigi meraup keuntungan per tahunnya dengan menawarkan warna gigi yang beda.

Padahal banyak penyebab gigi berwarna kuning. Untuk itu, sebelum membuat gigi kembali putih cemerlang, ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab gigi kuning

Sebelum memutihkan gigi, Anda juga harus tahu mengapa gigi yang Anda miliki berwarna kuning. Ada beberapa faktor yang berperan termasuk genetika, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi serta seberapa bagusnya Anda membersihkan mulut.

Sebuah gigi terdiri dari empat jaringan email yang merupakan pelindung juga penutup putih yang kuat. Dentin, merupakan bahan kuning keras yang membawa saraf, pulp, yang di tengah gigi berisi pembuluh darah dan limfe. Dan sementum meliputi akar gigi.

Email dan dentin memainkan peran terbesar dalam warna. Makanan dan minuman jahat secara langsung dapat menodai dan memecahkan email tertentu. Sedangkan usia dapat melemahkannya. Jika email rusak, mana dentin kuning pun muncul.

Saat ini orang hanya fokus dengan kehilangan email putih. Perlu diingat kalau memperkuat email juga sama pentingnya sehingga Anda dapat menjaganya dari kerusakan lebih lanjut.

Berikut ini cara alami memiliki gigi putih cemerlang tanpa harus menggunakan produk pasta gigi, dilansir laman Everydayroots, Senin (21/11/2016).

1. Pasta gigi dari baking soda dan jus lemon

Baking soda tidak menjijikan, karena natrium bikarbonat yang agak kasar ini dapat mengembalikan warna gigi. Dengan alkali bisa membantu menyeimbangkan Ph, sehingga beruna untuk menambal kelebihan asam yang merusak email.

Campurkan beberapa sendok teh baking soda, dan jus lemon hingga membentuk odol. Gosok gigi dengan odol tersebut. Biarkan satu menit, kemudian bilas agar asam tak memengaruhi email. Namun jika Anda menggunakankan air saja Anda dapat diamkan selama tiga menit.

2. Stroberi, garam, dan baking soda scrub

Stroberi tinggi akan vitamin C, sehingga dapat membantu menghancurkan plak yang menyebabkan gigi kuning, juga memiliki enzim yang disebut asam malat dapat menghilangkan noda. Sedangkan garam bertindak sebagai abrasif dari odol.

Baking soda hanyalah bahan pelengkap saja, jika ditinggalkan juga tak masalah.

Pasta gigi stroberi (Foto: Everydayroots)

Ambillah satu hingga tiga stroberi besar, sejumput garam serta setengah sendok teh baking soda (jika penyukai).

Hancurkan buah stroberi menjadi bubur, dan tambahkan sedikit garam, serta setengah sendok teh baking soda. Kemudian gosok gigi Anda dengan odol ini. Biarkan selama lima menit, baru dibilas.

3. Kumur dengan minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah hal unik, dan sudah lama diterapkan. Dan ini dapat membantu memutihkan gigi. Asam laurat dalam minyak kelapa dapat menyingkirkan gigi Anda dari bakteri yang terdapat di plak sehingga gigi kuning. Juga dapat meningkatkan kesehatan gusi, serta menjaga napas tetap segar.

Di pagi hari, sebelum Anda menyikat gigi ambil satu sendok makan, boleh kurang minyak kelapa. Masukkan ke dalam mulut dan kumur selama 10-15 menit. Setelah dibuang, bilas dengan air, dan mulailah menggosok gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.