Sukses

Cerita Dede Yusuf tentang Kecintaannya pada Jamu

Sejak kecil Ketua Komis IX DPR RI, Dede Yusuf, sudah tak asing dengan jamu.

Liputan6.com, Jakarta Bangsa Indonesia dan jamu itu tak terpisahkan. Hal yang sama pun dirasakan Ketua Komis IX DPR RI, Dede Yusuf. Sejak kecil, pria bertubuh tinggi tegap ini sudah tak asing dengan jamu.

"Saya dari kecil sudah diberi jamu oleh orangtua saya. Mereka biasa menyimpan jamu-jamu di kulkas ya dalam botol bening seperti itu," ujar Dede usai diskusi Percepatan Pengembangan Obat Herbal Modern Asli Indonesia Melalui JKN di Jakarta, ditulis Sabtu (19/11/2016).

Dede mengungkapkan, orangtuanya kerap menyajikan aneka jamu. Di antaranya kunyit asam, beras kencur, dan temulawak yang disimpan dalam botol-botol bening.

Sesudah berkeluarga, pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat ini mendorong sang istri juga untuk membiasakan minum jamu di keluarganya. "Kan, orang-orang biasa minum kopi di pagi hari, mengapa tidak jadi temulawakcino, bukan cuma capucino," tuturnya.

Kini ia pun menularkan kebiasaan minum jamu pada buah hatinya. Bagi masyarakat Indonesia, jamu memang secara turun temurun diyakini memiliki manfaat. Namun tidak sedikit juga tanaman herbal yang terbukti secara ilmiah berkhasiat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini