Sukses

4 Tips Bersihkan Rumah untuk Cegah Alergi

Sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi.

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi. Namun hal-hal apa saja yang perlu diketahui mengenai hal tersebut?

Pertama, Anda perlu mengetahui apa yang memicu alergi pada anak-anak Anda atau diri Anda sendiri. Selanjutnya, gunakan empat langkah ini untuk mengubah cara Anda dalam membersihkan rumah agar alergi juga bisa berkurang, seperti dilansir dari Webmd, Kamis (17/11/2016):

1. Tangkap dan bunuh tungau debu

Sebenarnya bukan debu yang membuat Anda alergi, namun seekor makhluk kecil yang disebut tungau debu.

“Mereka cenderung berada di berbagai tempat yang memiliki banyak kulit mati, furnitur berlapis, dan karpet,” ujar ahli alergi, Mark Holbreich, MD.

Tungau debu dapat menggali jauh ke dalam bantal, kasur, dan karpet, sehingga mereka sangat sulit tersedot saat proses vakum. Walaupun lebih baik menggunakan lantai kayu, ubin, atau vinyl, ada beberapa cara sederhana yang tidak memerlukan renovasi.

“Letakkan bungkus anti tungau di kasur dan bantal, yang akan menangkap tungau di dalamnya. Serta cuci semua bahan-bahan linen, seperti selimut, seprai, dan sarung bantal setiap satu hingga dua minggu. Air akan membunuh tungau debu, tak masalah jika airnya dingin, hangat, atau panas,” kata Holbreich.

2. Bersihkan udara

Apakah anak Anda alergi terhadap serbuk sari? Lebih baik tutup jendela rumah Anda, walaupun jika cuaca sedang bagus sekalipun. Karena serbuk sari dapat masuk ke rumah Anda dengan cara menempel pada pakaian atau sepatu.

“Ganti pakaian sebelum masuk ke kamar tidur, serta mandi saat malam hari untuk membilas serbuk sari dari kulit dan rambut Anda,” ujar seorang imunologi, Clifford Baset, MD.

3. Bersihkan semua sela-sela di rumah Anda

Jika seseorang di rumah Anda memiliki alergi, hati-hati ketika ada bau tak sedap di satu area luas yang memiliki banyak sela-sela. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan pemutih.

“Bleach akan menghancurkan alergen yang terdapat pada sela-sela tersebut,” tutur seorang profesor mikrobiologi di University of Arizona di Tucson, Chuck Gerba, PhD. Setelah Anda membersihkan sela-sela tersebut, Anda dapat mencegahnya agar tetap bersih dengan cara memakai alat dehumidifier dan hygrometer.

4. Lindungi diri Anda ketika sedang membersihkan rumah

Jika Anda bersin atau pilek saat sedang membersihkan rumah, lebih baik minta anggota keluarga yang lain untuk membantu melakukan pekerjaan tersebut.

Namun jika misalnya anak-anak Anda masih terlalu kecil, sehingga belum bisa dimintai tolong, coba minum antihistamin sebelum Anda memulai kegiatan bersih-bersih tersebut.

“Anda juga bisa memakai masker N95 yang bisa didapatkan di toko perangkat keras. Mereka akan menyaring setidaknya 95 persen partikel di udara sekitar Anda,” kata Hobreich.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.