Sukses

Hindari Menggaruk pada Kulit Kering dengan Cara Berikut

Ada pula saran lain mengungkapkan, Anda justru tidak diperbolehkan menggaruk pada kulit kering.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti tidak bisa tahan saat kulit terserang gatal. Satu-satunya yang ingin Anda lakukan adalah menggaruk. Ada kalanya Anda harus berhati-hati menggaruk agar tidak membuat kulit lecet dan meninggalkan bekas yang membuat kulit terlihat buruk, terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Jika menggaruk secara berlebihan akan memicu iritasi pada kulit. Ada pula saran lain yang mengatakan, hindari menggaruk pada kulit kering. Anda mungkin akan merasa kesulitan saat hasrat ingin menggaruk tak tertahankan.

Faktor-faktor kulit kering terjadi, di antaranya suhu di luar ruangan yang dingin dan sabun yang punya kandungan bahan keras. Demi menjaga agar kulit tidak kering, Anda harus merawat dengan baik, seperti yang ditulis Shape, Selasa (15/11/2016).

Gunakan Sabun pH Tinggi

Anda bisa menggunakan sabun yang punya tingkat pH tinggi. Jika sabun batangan, pilih sabun yang lembut di kulit. Tingkat pH yang tinggi akan memberikan perlindungan agar kulit kering tetap terjaga baik.

Oleskan Pelembab

Sebenarnya, tidak ada larangan menggaruk pada kulit kering. Tapi saran lain mengungkapkan, Anda justru tidak diperbolehkan menggaruk. Bila rasa gatal menyerang, cukup oleskan pelembab atau body lotion.

Kulit kering jangan digaruk

Pasang Pelembab Udara

Pastikan Anda memasang pelembab udara (humidifier) di rumah. Hal ini tidak hanya mengatur kelembapan udara tapi membantu menjaga kulit menjadi agak lembab.

Pasang Pemanas Ruangan

Jika suhu di luar dingin atau Anda sedang mengalami musim dingin, pemanas ruangan menjadi pilihan terbaik. Kulit Anda akan tetap hangat dan tidak terlalu kering saat terkena udara dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.