Sukses

Ingin Umur Panjang? Hindari 6 Hal Ini

Setiap orang pastinya ingin memiliki umur yang panjang dan tetap bugar.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pastinya ingin memiliki umur yang panjang dan tetap bugar. Sayangnya, kebiasaan atau gaya hidup yang dijalani justru berisiko memicu penyakit yang tak jarang dapat merenggut nyawa Anda.

Mengubah pola hidup sehat tak hanya dilakukan oleh mereka yang telah berusia 40 tahun. Sejak usia 30 tahun, bahkan 20 tahun, sebaiknya biasakan untuk hidup sehat. Tetapi, tak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat meski Anda mungkin sudah berusia 60 tahun sekalipun.

Jika Anda ingin tetap sehat untuk mendapatkan umur panjang, hentikan beberapa kebiasaan buruk berikut ini, dilansir laman Verywell, Senin (14/11/2016).

1. Stres

Emosi dan stres juga bisa memicu banyak penyakit yang dapat mempersingkat hidup. Mengurangi stres berarti Anda bisa meningkatkan kesehatan sehingga terhindar dari penyakit. Salah satu cara mengurangi stres adalah dengan meditasi atau belajar untuk bersantai di tengah rutinitas.

2. Kurang tidur

Tidur hanya sebentar atau kurang dari enam jam dapat memicu risiko kematian. Kualitas tidur dan waktu yang cukup dapat membantu Anda untuk mengatasi stres, depresi dan penyakit jantung.

3. Konsumsi makanan olahan

Makanan olahan memang mudah didapat dan diproses dengan cepat. Karenanya, banyak orang menyukai konsumsi makanan olahan.

Tetapi, makanan olahan memiliki kadar natrium, lemak jenuh, gula yang tinggi dan serat yang rendah. Ini bisa memicu penyakit kardiovaskular, hipertensi, kanker dan diabetes.

4. Merokok

Meski perokok tahu bahaya menghisap tembakau, namun sebagian besar dari mereka tak bisa berhenti dari kebiasaan tersebut. Beberapa penelitian memperkirakan merokok dapat mengurangi kehidupan Anda selama satu dekade.

Saat Anda berhenti merokok, tekanan dan sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, risiko terkena kanker juga akan menurun setiap tahun setelahnya.

5. Tidak olahraga

Sebuah studi yang diterbitkan di The Lancer, memeriksa kebiasaan aktivitas lebih dari 416 ribu orang di Taiwan dan menemukan hanya dengan melakukan olahraga selama 15 menit setiap hari, bisa membantu memperpanjang hidup selama tiga tahun.

Rutin berolahraga dapat mengurangi masalah penyakit kardiovaskular dan kelebihan berat badan. Jadi, tak ada alasan kurang waktu untuk olahraga ringan.

6. Emosi

Hormon stres atau kortisol akan naik ketika Anda sedang stres atau marah. Ini memberikan efek negatif pada jantung, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh Anda. Kortisol yang tinggi telah dikaitkan dengan kematian yang lebih besar dalam sejumlah penelitian.

6. Kurang bersosialisasi

Jangan biarkan diri Anda larut dalam kesendirian. Memiliki banyak teman dan lingkungan sosial yang baik dapat membuat Anda bahagia, dan ini dapat memperpanjang umur. Kondisi ini bisa membantu Anda mengelola stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.