Sukses

Buang Air Besar Bikin Berat Badan Turun?

Usai buang air besar, tubuh jadi lebih ringan dan perut terasa lebih kecil.

Liputan6.com, Jakarta Usai buang air besar (BAB), banyak orang mengatakan 'ah lega'. Selain itu juga merasakan tubuhnya jadi lebih ringan dan perut terasa lebih kecil. Apakah BAB bisa membuat berat badan turun seperti yang dirasakan?

Rupanya mengeluarkan feses memang bisa mengurangi berat badan, tapi hanya sedikit seperti diungkapkan penulis buku The Pinterest Diet, Mitzi Dulan. "Feses yang keluar bisa sekitar 0,5 kg sampai 1 kg. Semakin berat feses jika tidak BAB selama beberapa hari," kata Mitzi.

Lalu, perasaan tubuh lebih ringan juga sering muncul usai susah BAB selama beberapa hari. Saat memakai celana jeans juga jadi lebih longgar. Mitzi mengungkapkan kondisi itu terjadi lebih karena perut kembung hilang dibandingkan kehilangan sedikit massa tubuh.

"BAB itu bisa mengurangi kembung dan membantu Anda jadi lebih nyaman menggunakan jeans. Jadi tak heran bila merasa perut lebih kecil," kata Mitzi lagi mengutip Women's Health, Rabu (9/11/2016).

Meski terjadi penurunan sedikit massa tubuh, bukan berati membuat Anda berusaha untuk BAB terus. Pergilah ke kamar mandi, jika memang tubuh memberi kode untuk BAB. "Tapi jika tidak, tidak perlu lama-lama duduk di toilet. Tidak akan terjadi penurunan berat badan yang besar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.