Sukses

Penumpukan Lemak di Perut Paling Sering Menimpa Karyawan, Kenapa?

Akibat duduk terlalu lama, tanpa sering beristirahat setiap 30 menit sekali, membuat karyawan berisiko alami penumpukan lemak di perut

Liputan6.com, Jakarta Duduk berjam-jam tanpa bergerak setiap 30 menit berbahaya bagi kesehatan kita. Duduk lama entah di kantor atau pun sekadar menghabiskan hari-hari dengan bersantai di atas sofa atau tidur-tiduran di ranjang memiliki risiko yang sama.

Bagi para pekerja yang sulit beranjak dari kursi harus melakukan banyak pemanasan setiap 30 menit setiap hari. Atau berjalan selama beberapa menit untuk beristirahat dari aktivitas duduk.

Inilah risiko-risiko yang akan kita rasakan apabila terbiasa duduk berlama-lama tanpa melakukan banyak pemanasan setiap 30 menit seperti dikutip dari Boldsky pada Selasa (8/11/2016)

1. Percepat penumpukan lemak perut

Sebuah studi menunjukkan individu yang duduk berjam-jam, terutama pekerja yang sulit melepaskan diri dari meja kerja, paling cepat mengalami penumpukan lemak di perut. Sebab, metabolisme jadi melambat karena kebanyakan duduk sehingga jumlah kalori yang terbakar sangat sedikit. Lemak dengan mudah tersimpan di sekitar pinggang ketika kita duduk terlalu lama.

2. Nyeri punggung

Efek samping yang sering kita rasakan saat duduk terlalu lama adalah nyeri punggung. Dampak dari duduk terlalu lama membuat terjadi banyak tekanan pada tulang belakang yang menyebabkan nyeri punggung bahkan sakit leher.

3. Gula darah meningkat

Banyak ahli telah menyatakan bahwa duduk terlalu lama menyebabkan ketidakseimbangan tingkat insulin yang diproduksi insulin, yang mengakibatkan kadar gula darah melonjak. Kadar gula meningkat, seseorang berisiko mengidap diabetes.

4. Kesehatan mental menurun

Ketika kita duduk terlalu lama, kapasitas darah yang bertugas membawa oksigen ke otak menurun menyebabkan memori melemah. Akibatnya bisa depresi dan melemahkan kesehatan mental kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini