Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Penyebab Sulit Raih Orgasme

Masalah fisiologis maupun psikologis bisa membuat seseorang sulit orgasme.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 20-30 persen pasangan menyatakan sulit mengalami orgasme saat bercinta. Sementara pria hanya lima persen yang sulit dapatkan klimaks saat bercinta, berdasarkan studi Kinsey Institute, Amerika Serikat.

Jika Anda salah satu orang yang sulit meraih orgasme, bisa jadi karena masalah fisiologis maupun psikologis. Di bawah ini ada lima penyebab seseorang sulit mengalami orgasme, seperti mengutip Medical Daily, Kamis (3/11/2016).

1. Kondom terlalu ketat

Menggunakan kondom sering disebut-sebut bisa mengurangi kenikmatan dan sensasi bercinta bagi pria. Sebenarnya hal itu bisa terjadi bila kondom yang digunakan tidak pas.

Bila kondom terlalu ketat itu memang bisa mengganggu kenikmatan bercinta sehingga tak heran bisa sulit untuk mempertahankan ereksi.

2. Stres

Coba ingat-ingat, jangan-jangan Anda sedang stres. Jika iya, tidak heran jadi sulit mencapai orgasme.

Stres bisa membuat seseorang sulit konsentrasi pada sensasi saat berhubungan seksual. Pada wanita yang memiliki tingkat stres tinggi gairah untuk bercinta memang turun drastis.

Pada saat seseorang stres, tubuh memproduksi hormon yang memengaruhi keinginan untuk bercinta seperti estrogen dan testosteron lebih sedikit. Sementara hormon stres yakni kortisol lebih tinggi.

3. Depresi

Saat depresi jangankan untuk bercinta, suasana hati pun tidak menentu. Sehingga tak heran bila seseorang yang depresi sulit mencapai orgasme.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nyeri kronis

4. Nyeri kronis

Rasa nyeri pada tubuh yang sudah berlangsung lama alias kronis bisa menganggu suasana hati. Orang dengan kondisi seperti ini juga sulit untuk merasakan kenikmatan bercinta karena bagian tubuhnya sakit sepanjang waktu.

5. Merasa tubuh buruk

Baik gemuk atau kurus, jika seseorang memiliki percaya diri tinggi tak akan masalah. Termasuk pada saat bercinta. Tapi beda cerita bila Anda merasa memiliki tubuh yang tidak indah. Hal tersebut tanpa disadari bisa membuat hubungan seks sulit mencapai orgasme.

Studi pada 2009 di The Journal of Sexual Medicine menemukan wanita 18-49 tahun yang paling merasa puas dengan hubungan seksual. Sehingga cenderung lebih besar kesempatan mencapai orgasme. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.