Sukses

4 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Jelang Menopause

Berat badan yang bertambah, menjadi hal umum yang sering terjadi saat seorang wanita menginjak masa menopause. Sehingga untuk menjaga berat

Liputan6.com, Jakarta Berat badan yang bertambah menjadi hal yang sering terjadi saat seorang wanita menginjak masa menopause. Penting  mengonsumsi makanan sehat yang tepat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Selain dapat membantu mengurangi berat badan, mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga juga bisa mengurangi gejala menopause, menjaga kesehatan mental, serta fisik Anda. Jika Anda ingin melakukannya, berikut adalah beberapa makanan sehat tersebut, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (3/11/2016):

1. Kedelai

Orang umumnya menggunakan kedelai untuk mengatasi gejala menopause seperti hot flashes, yang biasanya berupa rasa panas di dalam tubuh, keluar keringat, serta jantung yang berdebar-debar.

Kedelai dikenal karena kaya akan isoflavon yang mengandung fitoestrogen. Fitoestrogen adalah hormon kimiawi dalam tanaman yang memiliki efek seperti estrogen pada tubuh manusia.

2. Ikan

Risiko penyakit jantung, bisa meningkat setelah wanita menginjak menopause. Mengonsumsi ikan seperti salmon, trout, atau meminum suplemen minyak ikan, dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Selain itu minyak ikan juga dapat mencegah kanker payudara dan meringankan gejala depresi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah, sayur, dan tepung gandung

3. Buah-buahan, sayuran, dan tepung gandum

Buah dan sayuran mengandung kalori yang rendah dan akan memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Sedangkan tepung gandum, merupakan sumber baik dari serat yang akan membantu menjaga fungsi sistem pencernaan Anda dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Serat bisa ditemukan dalam roti, pasta, sereal, dan nasi merah. Konsumsi setidaknya dua hingga empat porsi buah, dan setidaknya tiga sampai lima porsi sayuran per hari.

4. Susu

Risiko osteoporosis dan kebutuhan asupan kalsium Anda akan meningkat saat menopause, sehingga disarankan agar seorang wanita yang menopause, harus mendapatkan 1.200 mg kalsium per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda, makanan dan minuman seperti produk susu rendah lemak, brokoli, dan kacang-kacangan dapat membantu. Namun jangan lupa bicarakan juga dengan dokter, apakah Anda membutuhkan suplemen tambahan untuk mencapai jumlah harian kalsium seperti yang disarankan tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini