Sukses

Fakta Menarik Seputar Kemampuan Hidung Mencium Aroma (I)

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa aroma sajian sarapan jadi aroma favorit pria.

Liputan6.com, Jakarta Hidung sebagai indra penciuman tak hanya penting untuk membantu proses bernapas, melainkan juga memiliki peran lain yang tak kalah vital. Bahkan indra pencium ini turut memengaruhi sains, seni, budaya, hingga sejarah.

Kabarnya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa aroma sajian sarapan jadi aroma favorit pria, sementara aroma bayi yang baru lahir merupakan bau yang paling disukai wanita.

Simak fakta menarik seputar kemampuan hidung sebagai indra penciuman yang dilansir dari laman Mirror, Minggu (30/10/2016) berikut ini:

1.Hidung yang "baru"

Anda bisa membaui atau mencium udara dengan lebih baik setiap bulan karena sel-sel penciuman manusia diperbarui setiap 28 hari. Artinya, setiap empat minggu sekali Anda mendapat "hidung baru".

2. Mengingat bau

Penciuman adalah indra yang paling sensitif. Manusia bisa mengingat aroma hingga 65 persen akurat setelah satu tahun, sementara ingatan penglihatan sekitar 50 persen setelah tiga bulan. Peneliti menunjukkan bahwa indra penciuman paling sering dikaitkan dengan ingatan emosional.

Studi mengungkap, 75 persen emosi dipicu oleh bebauan yang terkait dengan kesenangan, kesehatan, emosi, dan ingatan. Salah satu aroma yang paling melekat dengan masa kecil adalah bau krayon. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indra penciuman mudah bosan

3. Indra penciuman mudah bosan

Benar, indra penciuman mudah bosan. Contohnya ketika Anda masuk ke toko kue atau toko bunga, aroma roti atau bunga akan begitu menyengat hidung. Namun setelah beberapa saat Anda tak akan begitu menyadari keberadaan itu di sekitar.

4. Indra penciuman paling awal terbentuk

Penciuman kita merupakan indra paling pertama yang berkembang. Bahkan sebelum kita dilahirkan, indra penciuman kita sudah terbentuk dan berfungsi.

5. Penciuman wanita lebih tajam dari pria

Indra penciuman wanita lebih tajam dari pria. Kemampuannya meningkat ketika wanita dalam siklus pertama menstruasi dan mencapai puncaknya ketika dalam masa paling subur.

6. Puncak kemampuan indra penciuman

Indra penciuman manusia berada dalam kondisi paling baik saat mencapai usia akhir remaja lalu mulai menurun seiring bertambahnya usia. Individu yang mengalami gangguan indra penciuman dan perasa biasanya akibat pola makan yang kurang sehat.

 

3 dari 3 halaman

Musim dan indra pencium

7. Musim dan indra pencium

Anda bisa mencium segala sesuatunya dengan lebih baik pada musim semi dan musim panas karena udara sedikit lebih lembap. Begitu pula halnya ketika Anda merasa indra penciuman bekerja lebih baik usai berolahraga. Hal itu karena kelembapan di saluran nasal meningkat.

8. Kemampuan indra pencium manusia paling rendah

Manusia memiliki lima hingga enam juga sel pendeteksi bau. Tapi hal itu tak seberapa bila dibandingkan kemampuan makhluk hidup lainnya. Kelinci mempunyai 100 juta sel dan anjing 220 juta sel pendeteksi bau.

9. Keringat unik

Lupakan sidik jari atau CCTV, pernapasan juga penting untuk memecahkan kasus kriminal di masa depan. Ahli kimia berkebangsaan Israel mengatakan, kombinasi dari makanan yang kita makan, obat yang kita minum, gender dan bahkan pikiran kita membentuk keringat seseorang menjadi unik.

Dr Michael Gozin dari School of Chemistry Tel Aviv University beserta tim tengah meneliti komponen keringat manusia sebagai tanda pengenal baru. Menurut mereka, setiap orang memiliki sidik jari kimianya masing-masing.

10. Bau favorit hewan

Bila manusia mempunyai bau atau aroma favoritnya sendiri, demikian juga dengan hewan. Kucing menyukai aroma tumbuhan valerian, singa menyukai bau mint, dan unta suka bau tembakau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.