Sukses

Kiat Ketua Baru BKKBN DIY Kurangi Angka Kematian Ibu Melahirkan

Angka kematian ibu saat melahirkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terhitung tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Angka kematian ibu saat melahirkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terhitung tinggi. Hal ini menjadi perhatian kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY baru, Aan Jumhana Mulyana.

Aan sebelumnya menjabat Direktur Bina Lini Lapangan Pusat. Ia menggantikan Evi Ratnawati yang saat ini menjadi Direktur Bina Balita dan Anak BKKBN Pusat. Aan mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti dinas kesehatan dalam menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan. Sebab menurut Aan angka itu tidak bisa diturunkan sendiri oleh BKKBN dan perlu kerjasama dengan dinas lain.

"Jangka pendek koordinasi dengan dinas terkait seperti dinas kesehatan, dan lain-lain. Agar angka itu dapat diturunkan. kita tidak bisa sendiri," ujarnya usai pelantikan dirinya di Kompleks Kepatihan Jogja Senin (24/10/2016).

Data angka kematian ibu melahirkan di Daerah Istimewa Yogyakarta dari dinas kesehatan setempat mengalami sedikit peningkatan dibandingkan tahun lalu. Hingga Agustus 2016 sudah ada 49 kasus sedangkan tahun lalu dari Januari-Desember 2015 ada 49 kasus.

"Justru itu kita akan sinergi dengan sektor lain karena ini melibatkan sektor lain juga. Makanya kita dorong dan tingkatkan dengan mitra kerja kita," ujarnya.

Aan menjelaskan BKKBN DIY juga akan memberikan informasi tentang program BKKBN yang setiap tahun menggalakkan program pasangan usia muda yang sudah menikah. Pasangan muda ini diminta menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang dengan anjuran dokter dan diharapkan sang ibu kuat saat melahirkan.

"(Individu) menikah muda agar menunda punya anak pertama, jika usia menikahnya di bawah 20 tahun. Kita berprinsip menikah ideal itu 21 tahun perempuan,"

(Yanuar H)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.