Sukses

3 Jenis Jerawat yang Perlu Diketahui

Ketika Anda melihat ke cermin dan memandang wajah tiba-tiba ada benjolan kecil atau bintik hitam sekitar hidung, itu membuat kesal.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda melihat ke cermin dan memandang wajah tiba-tiba ada benjolan kecil atau bintik hitam sekitar hidung yang membuat pemandangan terganggu itu adalah jerawat.

Dan tangan Anda pun gatal untuk menghilangkan jerawat dengan cara dipencet ataupun diberi obat. Apalagi jika kehadirannya tak tepat waktu.

Sebelum diobati, sebaiknya kenali dulu jerawat yang ada pada wajah Anda sehingga tak salah dalam penanganannya. Berikut ini beberapa jenis jerawat, dilansir laman Aad, Senin (24/10/2016).

1. Komedo dan whiteheads

Minyak, sel kulit mati, dan bakteri memblokir pori-pori menyebabkan benjolan kecil yang disebut komedo atau whiteheads. Jika pori-pori tersumbat tapi tetap terbuka akan terlihat bintik hitam yang disebut komedo.

Jika pori tersumbat dan menutup, bagian atas akan terlihat benjolan tampak lebih putih, itu disebut whitehead, yaitu benjolan kecil berwarna putih yang terjadi ketika folikel terpasang dengan sebum dan sel-sel kulit mati.

Komedo dan whitehead cukup mudah diobati. Anda mungkin dapat menggunakan produk yang dijual di toko. Karena jenis jerawat ini tidak begitu buruk.

2. Papula dan pustula

Kadang pori-pori mengalami iritasi yang menyebabkan jerawat lebih besar disebut papula dan pustula. Jenis papula begitu keras saat disentuh. Mereka saling berdekatan sehingga membuat kulit seperti amplas.

Pustula seperti papula namun warnanya kekuningan, serta ada nanah cair. Memiliki pustula wajah seperti melepuh.

Kedua jenis ini sedikit lebih sulit untuk diobati. Obat yang dibeli mungkin bekerja, tapi Anda harus mengunjungi dokter kulit (dermatolog) yang dapat memberikan perawatan.

3. Nodul dan kista

Ketika pori-pori diblokir akan terjadi iritasi berlebih sehingga jerawat akan semakin besar. Mereka masuk lebih dalam ke kulit, dan benar-benar menyakitkan.

Kista memiliki nanah dan lebih lembut, tapi bikin malu. Untuk itu sebaiknya segera berobat ke dokter agar bisa menjalani perawatan sehingga Anda tidak terjebak dengan jerawat tersebut.

Setelah jerawat pergi, mereka mungkin meninggalkan tanda merah atau gelap pada kulit. Tanda-tanda itu akan memudar tapi butuh waktu beberapa hari, minggu atau bulan.

Kadang-kadang Anda dapat luka permanen dari jerawat. Bekas luka tersebut bisa berupa benjolan atau bolong di kulit wajah. Konsultasikan dengan dokter kulit yang dapat membantu memudarkan bekas luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.